01 Juni 2017

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 2017

Salemba, Jakarta – Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Untuk memperingati momen bersejarah tersebut Perpustakaan Nasional menyelenggarakan upacara peringatan hari lahir Pancasila yang bertempat di lapangan Perpusnas RI Salemba, pada hari Kamis (1/6). Upacara dihadiri oleh seluruh Pejabat Struktural dan Fungsional serta pegawai di lingkungan Perpusnas RI.

Kepala Perpustakaan Nasional RI Muh. Syarif Bando selaku Pembina Upacara dalam kesempatan tersebut menyampaikan Sambutan Presiden RI Joko Widodo dalam Rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017. “Adalah jiwa besar founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita” jelas Presiden Jokowi. Dalam sambutan tersebut Presiden Jokowi mengajak peran aktif para ulama, ustadzs, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri, serta seluruh komponen masyarakatuntuk menjaga Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, saya Pancasila.

Dalam memperingati Hari Lahir Pancasila, Perpustakaan Nasional juga menyemarakkan dengan lomba Menghafal Pembukaan UUD 1945 dan Panca Prasetya Korpri yang diikuti oleh 10 pasang peserta dari masing-masing unit eselon 2. Sesuai dengan Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 111 Tahun 2017 tanggal 30 Mei 2017 Susunan Dewan Juri terdiri dari:

  1. Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI;
  2. Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan jasa Informasi;
  3. Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan.

Pemenang Lomba Menghafal Pembukaan UUD 1945:

  1. Juara 1 : Diene Pangalila, S.Sos
  2. Juara 2 : Dewa Ayu Putri Agustini, SS
  3. Juara 3 : Ninies Ardiani, ST

Pemenang Lomba Menghafal Panca Prasetya Korpri

  1. Juara 1 : Ahmad Dian Faiz, A.Md
  2. Juara 2 : Butet Manullang, SE
  3. Juara 3 :   Moh. Idris Marbawi, SS

 

 

Reportase : Arwan Subakti

Berita Lainnya