Membuat Panduan Pengisian Data Secara Online Pada Winisis

Petugas penginput data perlu diberi bantuan alam proses pengisian data untuk memperlancar pekerjaan mereka.  Hal ini terutama perlu bagi petugas baru, karena ada kalanya mereka belum tahu cara pengetikan data.
Panduan dapat diberikan berupa buku tercetak, namun cara ini sering agak merepotkan dan kurang praktis.  Ada cara yang lebih praktis dan lebih efisien dalam memberi panduan pengisian data bagi operator penginput data pada Winisis. Cara itu adalah dengan memberi teks bantuan pengisian data pada setiap ruas dalam setiap database yang akan digunakan secara online.
Pada program Winisis teknik ini dapat dilakukan dengan memberi tambahan teks pada setiap properti ruas database yang akan dikerjakan.  Berikut adalah teknik memberi bantuan secara online terhadap setiap ruas dalam database Winisis.
1. Jalankan Winisis dan buka database yang akan diberi panduan online.  Dalam contoh ini akan dibuka database BUKU yang ruas-ruasnya hanya tiga yaitu Pengarang, Judul dan Penerbit.
2. Klik Edit>>Data Entry Worksheets untuk memunculkan tampilan berikut:


3. Klik salah satu ruas di Data Entry Fields.  Misalnya pertama ruas 100 Pengarang.
4. Kemudian klik ikon bergambar kertas dan pensil seperti pada tanda panah diatas untuk menampilkan jendela pengeditan, lalu ketikkan petunjuk pengisian data Pengarang pada kotak Help seperti berikut:

Tidak usah dulu isi kotak lain untuk saat ini.
5. Klik OK untuk menyimpan dan mengedit ruas lain seperti Judul dan Penerbit.
6. Setelah semua ruas diberi teks panduan keluar dari jendela pengeditan lembar kerja (worksheet) dan simpan dengan mengklik save.
7. Kini coba buka jendela penginputan data baru dengan mengklik Edit>Data Entry atau mengklik ikon Data Entry yaitu ikon nomor dua dari kanan di Tool-Bar berupa ikon pulpen dan formulir. Tanda panah pada tampilan berikut menunjukkan teks panduan online pengisian data pada ruas pengarang yang sedang disorot.

Selamat mencoba!