Membuat Pick-List Untuk Pemasukan Data Pada Winisis

Pick-List adalah salah satu cara untuk membantu kemudahan dalam pemasukan data pada suatu sistem aplikasi. Dengan fitur pick-list, petugas input data hanya perlu memilih satu atau beberapa nilai yang telah disediakan dari suatu daftar nilai untuk dimasukkan ke dalam ruas tertentu dari suatu database.  Sesungguhnya Winisis sejak versi 1.4 sudah menyediakan fitur ini.  Pick-list pada Winisis dapat dibuat untuk membantu operatur input data, sehingga untuk menginput data tertentu operator hanya perlu memilih nilai yang ingin diinput dari suatu daftar yang sudah disediakan sebelumnya.  Fitur ini belum banyak dimanfaatkan oleh pengguna Winisis. Hal ini karena memang panduan menggunakan fitur ini tidak tersedia dengan lengkap dalam buku manual Winisis. Pada tulisan ini akan diuraikan teknik sederhana membuat pick-list pada Winisis.  Winisis yang digunakan adalah Winisis versi 1.5.  Lihat juga tulisan lain penulis dengan judul Membuat Panduan Pemasukan Data Secara Online pada Winisis.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat pick-list pada suatu ruas tertentu dalam suatu database, misalnya database COBA.MST:
1. Pertama-tama tentukan ruas yang akan dibuat pick-listnya.  Sebagai contoh pada database COBA yang unsur-unsur datanya NAMA, ALAMAT dan PEKERJAAN, pick-list akan dibuat pada ruas PEKERJAAN.
2. Selanjutnya tentukan nilai-nilai yang akan dimasukkan dalam pick-list.  Sebagai contoh nilai-nilai yang akan dimasukkan ke dalam pick-list PEKERJAAN adalah: PNS, PEGAWAI SWASTA, WIRASWASTA , TNI-POLRI dan LAINNYA.
3. Jalankan Winisis dan buka database COBA, yang struktur databasenya sudah dibuat sebelumnya.  Lihat tulisan penulis dengan judul Membuat Database pada Winisis.
4. Klik tab EDIT kemudian klik DATA ENTRY WORKSHEETS
5. Selanjutnya klik ruas PEKERJAAN  lalu klik ikon

Kemudian isi kotak kosong sehingga muncul seperti  tampilan berikut:

Perhatikan teks dalam kotak Pick-list definition:
<>:notype:multi::’Pekerjaan:’/’PNS’/’PEGAWAI SWASTA’/’WIRASWASTA’/’TNI-POLRI’/’LAINNYA’
Setelah perubahan pada worksheet ini disimpan, suatu file segera terbentuk dengan nama COBA.VAL.  File akan tersimpan di dalam folder database COBA dan isinya seperti berikut:

30:choice:<>:notype:multi::’Pekerjaan:’/’PNS’/’PEGAWAI SWASTA’/’WIRASWASTA’/’TNI-POLRI’/’LAINNYA’

Lihat tampilan gambar berikut:

Perhatikan bahwa ada tambahan teks 30:CHOICE: di dalam file COBA.VAL yang otomatis ditambahkan oleh Winisis, walau tidak diketikkan pada waktu membuat Pick-List Definition.
6. Selanjutnya lakukan pemasukan data pada database COBA.MST seperti berikut:


 7. Klik ikon Pick-list (lihat callout pada gambar diatas), yang akan memunculkan jendela pick-list seperti gambar berikut:

8. Klik salah satu jenis pekerjaan yang sesuai, lalu klik OK. Jenis pekerjaan segera tercopy ke dalam kotak ruas PEKERJAAN. Lihat tampilan berikut:

9. Lanjutkan pemasukan data sampai selesai.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai perintah untuk membuat Pick-List:

30:choice:<>:notype:multi::’Pekerjaan:’/’PNS’/’PEGAWAI SWASTA’/’WIRASWASTA’/TNI-POLRI/LAINNYA

30: nomor ruas (TAG) yang akan dibuatkan pick-list.choice: perintah pick-list.<>:
notype:

multi: opsi perintah yang mengatur fitur pick-list.
:my list/judul pick-list.PNS/ format CDS/ISIS yang menghasilkan deretan nilai yang akan dipilih.

Kode perintah lainnya:

tt:choice:[multi:][files:][sort:][add:][repeat:]
[noansi:][firstdescribe:][notype:][<>:][//:]:format

multi: operator boleh memilih lebih dari satu item dari pick-list.

sort: daftar item akan tersusun berabjad secara otomatis.
 
add: item yang dipilih akan menambah item yang sudah ada dalam ruas.

notype: menghalangi operator untuk mengetik dari papan ketik. Jendela Pick-list segera muncul begitu operator mengetik sesuatu pada papan ketik. Namun tombol dasar seperti Enter, Escape and Shift-Enter masih bisa digunakan.

firstdescribe: tiap item terdiri atas dua bagian. Bagian pertama adalah keterangan yang mudah dimengerti oleh operator input data. Bagian kedua adalah nilai sesunguhnya berupa kode yang akan masuk ke dalam ruas yang diinginkan. Cara ini berguna membantu operator mengetahui secara jelas arti nilai yang akan dimasukkan, walau nilai yang akan masuk berupa kode singkat.

Perhatikan contoh berikut:

50:CHOICE:firstdescribe:multi::’Keahlian:’/’Biologi’/’BIO’/’Matematika’/’MAT’

Perintah diatas akan menghasilkan baris serta tampilan Pick-list berikut:

Keahlian:   <– judul jendela
Biologi
BIO
Matematika
MAT

Jika Biologi diklik, maka BIO yang akan terinput ke dalam ruas database. Jika dipilih Matematika maka akan terinput MAT ke dalam ruas database.

<>: and //:  

otomatis akan mengapit item yang terpilih.
Misalnya:50:CHOICE:<>::’Keahlian:’/’Biologi’/’Matematika’ akan menghasilkan: <Biologi><Matematika>

Selamat mencoba!