Prosedur Sederhana Konversi Data Winisis ke Excel

Banyak cara dilakukan untuk dapat mengkonversi dari WINISIS ke EXCEL , di dalam tulisan ini akan diuraikan teknik konversi data dari database WINISIS ke MS EXCEL. Penulis mencoba menggunakan teknik konversi data dengan cara penulis sendiri.

Konversi Data dari Winisis ke MSEXCEL :
1. Pada proses ini akan digunakan program CDS/ISIS Versi Windows atau disebut WINISIS dan MS.EXCEL 2000.
2. Anggap saja database yang akan dikonversi datanya adalah BUKU ( dimana berada dalam c:\winisisdataBUKU) seperti pada gambar menu dibawah ini :


3. Kemudian membuat format tampilan untuk konversi dengan mengklik menu edit terus klik menu prints format namai misalnya excel , kemudian klik ok , seperti gambar dibawah ini :

4. Setelah proses pembuatan format tampilan untuk konversi dilakukan, proses selanjutnya adalah memilih bentuk format tampilan disini disediakan : Normal Style ; CDS/ISIS Dos Compatible Format ; Decorated Format ; HTML Normal ; HTML Table With Headers. Untuk konversi ini pilih HTML Table With Headers

5. Setelah dipilih menu format tampilan seperti, maka akan muncul tampilan seperti gambar menu tampilan dibawah  ini kemudian save tampilan tersebut:

6. Setelah melalui proses seperti dijelaskan diatas sampai ke pembuatan format tampilan. Buat teks format tampilan baru  dengan cara klik menu edit , terus klik prints format , pilih menu tampilan yang sudah dibuat dalam kasus ini kita sudah membuat format tampilan dengan nama format tampilan excel , Tampilannya dapat dilihat pada tampilan menu dibawah ini :

7. Setelah muncul menu dalam posisi edit format seperti gambar 6 diatas hapus semua format yang ada dalam menu edit format excel tersebut, sampai seperti gambar dibawah ini :

8. Setelah menu edit format kosong , kemudian ketikan didalam menu edit format tersebut format seperti dibawah ini dan kemudian save:

FORMAT TAMPILAN PADA MENU EDIT FORMAT UNTUK KONVERSI KE EXCEL (format ini hanya sebagai contoh, bisa ditambahkan disesuaikan dengan kebutuhan)
 mhl/
 ‘<TABLE BORDER=1>’
 ‘<TR><TD>’mfn(4)'</TD>’
 ‘<TD>’v100,v110^a'</TD>’
 ‘<TD>’v245^a,v245^b'</TD>’
 ‘<TD>’v260^a'</TD>’
 ‘<TD>’v260^b'</TD>’
 ‘<TD>’v260^c'</TD>’
 ‘<TD>’v300^a'</TD></TR>’
 ‘</TABLE>’
 Ket : 
      mhl                  = untuk menghilangkan karakter ^
      <TABLE BORDER = 1>   = untuk membuat kolom dan baris secara Otomatis
      < TR >               = untuk pindah baris
      <TD>                 = untuk pindah kolom                
            
Contoh Struktur Tag Pada WINISIS Yang akan dikonversi ke EXCEL
Mfn(4) = Nomor Record
V100   = Pengarang
V110^a = Badan Korporasi
V245^a = Judul
V245^b = Sub Judul
V260^a = Kota Terbit
V260^b = Penerbit
V260^c = Tahun terbit
V300^a = Deskripsi Fisik

9. Setelah proses diatas dilakukan , kembali kewinisis, buka menu database, kemudian klik print , seperti gambar dibawah ini :


10. Setelah diklik print, isikan cantuman  yang ingin dikonversi, untuk semua ( Current Browse set) atau hanya sejumlah cantuman  ( gunakan MFN Range ), kemudian Ubah Output To ke : ASCII File ( Windows-ANSI ), jadi tidak dicetak keprinter, setelah itu ubah format menjadi EXCEL, kemudian Klik Print

11. Setelah diklik Print, muncul menu ( Seperti Gambar menu dibawah ini) untuk mengisi nama berkas cetakan yang akan dihasilkan ( ganti *.txt  dengan , misalnya buku.xls) Berkas tersebut secara default disimpan didalam folder C://Winisis/Work/

12. Setelah diisikan nama berkas dengan buku.xls kemudian klik ok dan proses pencetakan pada berkas berlangsung, seperti gambar dibawah ini :

13. Selesai proses konversi dari winisis ke excel, skr buka file buku xls di c://Winisis/Work/buku.xls atau dengan membuka MS-EXCEL, seperti dibawah ini :

14. Hasil tampilan  data WINISIS di excel setelah proses konversi , selanjutnya silahkan diolah disesuaikan kebutuhan

* Selamat Mencoba  *