Deputi II Perpusnas Bersama Sekjen DPD RI Resmikan Pojok Baca Digital DPD RI

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Deputi Bidang Pengembang Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Adin Bondar bersama Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Rahman Hadi meresmikan Pojok Baca Digital (POCADI) DPD RI hari ini, Senin (29/4/2024).

Adin Bondar mengatakan bantuan POCADI diberikan untuk memberikan sarana literasi yang ditempatkan di ruang-ruang publik.

Menurut Adin Bondar, salah satu dampak negatif digitalisasi yaitu mudahnya terjadi distorsi informasi. POCADI menjadi salah satu upaya mencegah terjadinya hal tersebut dengan menyediakan literatur yang dapat mendukung organisasi yang lebih adaptif dan lincah.

“Semoga POCADI yang ditempatkan di Perpustakaan DPD RI dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh semua orang di lingkungan DPD RI dan sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan informasi yang aktual,” ungkapnya.

Adin Bondar juga menjelaskan, saat ini POCADI  telah ditempatkan di berbagai ruang publik yaitu lebih dari 500 titik. Melalui POCADI yang terkoneksi buku digital, masyarakat bisa menikmati akses ke lebih dari 1500 buku digital.

Di sisi lain Rahman Hadi mengucapkan terimakasih atas bantuan POCADI  yang telah diberikan Perpusnas.

Dirinya menyebut, POCADI DPD RI ini merupakan hasil kolaborasi antara Sekretariat Jenderal DPD RI dan Perpusnas untuk menyiapkan sarana publik yang bisa digunakan untuk mengakses informasi terutama terkait isu parlemen.

Rahman mengatakan, keberadaan POCADI di DPD RI akan menjadi pemantik semangat literasi bagi seluruh karyawan maupun masyarakat untuk memanfaatkan sumber informasi ditengah kebutuhan informasi.

“Kerjasama ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas layanan publik di bidang perpustakaan dan memperluas akses terhadap pengetahuan dan informasi bagi anggota DPD RI, pejabat dan pegawai di Lingkungan Sekretariat Jenderal DPD RI,” ujarnya.

 

Reporter: Eka Purniawati

Fotografer: Prakas Agrestian

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN