Jelang HUT KORPRI ke-50, Perpusnas Gelar Lomba MTQ dan Penulisan Esai ASN

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta - Jelang HUT KORPRI ke-50 pada 29 November mendatang, KORPRI Perpusnas menggelar serangkaian acara. Salah satunya gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) KORPRI Perpusnas sekaligus sebagai peringatan Maulid Nabi Muhammad pada 19 Oktober 2021 lalu.

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando yang hadir untuk membuka acara pembukaan MTQ KORPRI Perpusnas pada Selasa (26/10/2021) memberikan apresiasi atas inisiasi pengurus KORPRI Perpusnas dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. “Terimaksih atas ide pengurus KORPEI Perpusnas untuk mengadakan lomba dalam rangka mempersiapkan keikutsertaan kita di tingkat nasional nantinya,” ungkapnya.

Syarif Bando menuturkan melalui kegiatan ini diharapkan seluruh pegawai semakin memiliki kesadaran dalam memberikan layanan yang baik kepada pengunjung dan pengguna layanan Perpusnas. “Seperti yang kita ketahui, semua agama dianjurkan untuk memuliakan tamu, maka pelayanan kepada pengunjung menjadi hal yang harus diperhatikan,” imbuhnya.

Ketua KOPRI Perpusnas, Joko Santoso menyatakan bahwa selain lomba MTQ, sebagai rangkaian kegiatan KOPRI Perpusnas juga menggelar lomba menulis esai atau opini. Ada lima (5) tema yang dapat dipilih peserta untuk lomba penulisan. Yaitu tentang orientasi ASN dalam pelayanan prima, loyalitas ASN kepada pemerintah dan masyarakat, adaptasi ASN terhadap disprupsi teknologi dan informasi, kolaborasi ASN secara lintas sektor dan disiplin, serta menghilangkan sikap ego sektoral ASN.

“Untuk lomba penulisan ini kami berharap seluruh ASN di Perpusnas dapat ikut serta,” harap Joko.

Di sisi lain Joko menyebutkan, hasil pelaksanaan lomba MTQ KORPIR Perpusnas ini nantinya akan mewakili Perpusnas pada ajang MTQ KORPRI Nasional di Kendari, Sulawesi Utara pada 12-20 November 2021 mendatang.

Lebih lanjut dirinya berharap meskipun ini kali pertama Perpusnas akan ikut serta dalam kegiatan KORPRI tingkat nasional, namun hal ini akan menjadi pemantik semangat Perpusnas untuk aktif pada tahun-tahun berikutnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Dedi J. Laisa menyebutkan acara MTQ yang digelar 26-28 Oktober 2021 ini diikuti oleh 37 orang peserta dari Seluruh PNS dan CPNS anggota KORPRI Perpustakaan Nasional RI yang berlokasi di Jakarta, Blitar (UPT PPBK), dan Bukittinggi (UPT PPBH).

“Ada 9 cabang yang dilombakan pada MTQ KORPRI Perpusnas yaitu Tartil Al-Qur’an, Tilawah Al-Qur’an, Hifzh (Hafalan) Al-Qur’an, Dakwah Al-Qur’an, Adzan, Khotbah Jumat, Khath (Kaligrafi) Al-Qur’an, Penulisan Artikel Al-Qur’an, dan Doa,” sebutnya.

Reporter: Eka Purniawati

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN