KORPRI Perpusnas kirimkan Kafilah ke Ajang MTQ V KORPRI

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Kendari, Sultra--Musabaqah Tilawatil Quran ke-5 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tingkat nasional tahun 2021 resmi dibuka oleh Wakil Menteri Agama Zairut Tauhid di Kawasan Tugu Religi MTQ Kota Kendari, Minggu malam (14/11). Hadir dalam pembukaan acara dua tahunan itu, Ketua Umum DPN Korpri Prof. Zudan Arif Fakrullah, Imam Besar Masjid Istqlal Prof. KH. Nassaruddin Umar, Gubernur Sultra Ali Mazi, Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, Bupati/Walikota, Forkompimda Sultra dan masyarakat kota Kendari yang sangat atusias menyaksikan hajatan yang pertama sangat akbar ditengah-tengah kondisi masih pandemi. Jumlah peserta MTQ kali ini merupakan peserta yang terbesar, karena diikuti 816 orang, baik peserta maupun pendamping, yang berasal dari 37 Kementerian/Lembaga termasuk Perpustakaan Nasional dan 32 Provinsi kecuali NTT dan NTB. Gubernur Ali Mazi mengatakan, MTQ Sultra ini merupakan  jumlah yang sangat membagakan, mencapai lebih dari 100 persen dari tahun-tahun sebelumnya. "Kami juga menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat mengingat kita masih dalam masa pandemi Covid-19 yang belum tuntas. "Sebagai tuan rumah penyelenggara, kami senantiasa bertekad untuk menyukseskan MTQ Korpri nasional, namun kami menyadari hal itu tidak akan tercapai tapa adanya dukungan dan kerjasama yang baik dari semua unsur yang ada di provinsi Sultra ini," katanya.

Prof. Zudan Arif mengatakan MTQ ke-5 ini ada 9 (sembilan) cabang, dan 25 kategori lomba yang diikuti oleh seluruh peserta yang semuanya adalah ASN, baik dari kementerian/lembaga maupun dari pemda seluruh Indonesia. Ia mengatakan meski penyelenggaraan MTQ Korpri nasional tahun in masih di tengah pandemi, suasana silaturrahiim antara ASN berjalan sangat humanis, kekeluargaan sesama ASN walaupun disuasana yang serba terbatas. Sementara Imam Besar Masjid Istiqlal yang didaulat memimpin doa mengatakan, kegiatan MTQ ke-5 ini insyaAllah menjadi  pembuka rahmah dan ampunan, MTQ ini sebuah ajang menumbuhkan rasa bangga dan bahagia. Semoga kita bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk menyuarakan syiar dan dakwah.

Adapun kafilah Perpusnas yang diwakili oleh Agus Sutoyo (cabang Khutbah Jumat), Mamat Ramlan (cabang Tilawah Alquran), Muhamad Idris Marbawi (cabang Azan), Yaya O. Mabruri (cabang Tartil Quran), dan Hestianna (cabang Dakwah putri), dengan didampingi dari Sekretariat Korpri Perpusnas Totok Suprapto dan Dedy J. Laisa. Walaupun kafilah Perpusnas belum berhasil membawa prestasi terbaik, namun kesempatan mengikuti ajang nasional ini merupakan hikmah terbesar untuk menyiapkan diri lebih baik lagi dengan belajar dari pengalaman saat ini. Kegiatan pembukaan tersebut juga disemarakkan dengan marching band, drama kolosal dari Sanggar Jati Indonesia, dan ditutup dengan alunan nada-nada Islami oleh penyanyi  Opick.*** 

 

Reporter: Agus Sutoyo

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN