Perpusnas Bantu Selamatkan Bahan Pustaka Akibat Bencana Banjir dan Puting Beliung di Depok

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta, - Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) melalui Pusat Preseryasi dan Alih Media Bahan Pustaka membantu upaya penyelamatan koleksi pustaka yang dimiliki dan disimpan di rumah pribadinya Don Hasman, seorang Etnografer Indonesia di Depok, Jawa Barat terancam rusak akibat bencana pada Selasa (5/10/2021).

Don menemukan banyak koleksi dokumen di rumahnya yang terancam rusak imbas musibah angin puting beliung September lalu. Don meminta bantuan Perpusnas agak koleksi dokumen dan berbagai jenis bahan pustaka yang ia miliki dalam diselamatkan dari kerusakan.

“Saya Don Hasman sangat merasa terbantu oleh Perpustakaan Nasional yang cepat tanggap menyelamatkan berbagai dokumen beruta foto, negative film, maupun diapositive atau slide, serta naskah-naskah beriku bundel bundel Tabloid Mutiara. Ada Hikina, Teknologi dan Strategi Militer milik PT. Sinar Kasih,” ungkapnya.

Don memberikan apresiasi atas upaya Perpusnas yang bekerja profesional mulai dari mendata seluruh koleksinya.

“Saya minta semuanya diangkut secepetnya karena sudah 14 hari pasca banjir, harus ditangani, dan juga karena tidak pakai pendingin. Tentu berbahaya untuk semua materi tadi,” lanjutnya.

Lebih lanjut dirinya menyebutkan tim dari Perpusnas sudah membantu menyelematkan dan membuat identifikasi seluruh koleksinya. Koleksi tersebut kemuadian akan dibawa ke Perpusnas untuk diintefisikasi lebih cermat lagi.

Don juga menyebutkan tim yang datang dari Perpusnas merupakan orang-orang yang ahli di bidang kepustakawanan dan spesialis penyelematan dokumen.

“Ini saya hibahkan untuk diselamatkan, semua dokumen berharga ini. Karena banyak diambil dan difoto oleh orang-orang hebat yang karyanya harus dilestarikan,” pungkasnya.

 

Reporter: Eka Purniawati

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN