Perpusnas Gelar Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid19

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta- Perpustakaan Nasional menggelar sosialisasi terkait pencegahan penyebaran Covid19 untuk seluruh pegawai di Perpusnas Salemba dan Gedung Layanan Perpusnas Medan Merdeka Selatan, Kamis (12/3). Sosialisasi ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid19 saat pegawai berada di dalam maupun diluar lingkungan kerja. Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Woro Titi Haryanti menyebut setiap pegawai Perpusnas memiliki tanggung jawab yang sama dalam upaya pencegahan Covid19 ini.

“Upaya preventif perlu dilakukan oleh pegawai dimanapun berada. Hal tersebut untuk menciptakan pikiran positif serta tidak meninbulkan keresahan salah satunya di lingkungan kerja Perpusnas,” tegas Woro Titi.

Dokter Poliklinik Perpustakaan Nasional, dr. Firlihany Anggraini menyebut beberapa gelaja klinis yang mungkin ditimbulkan saat seseorang tertular virus Covid19 ini seperti demam lebih dari 38 derajat Celsius, batuk disertai gangguan pernafasan (sesak) dan sakit tenggorokan, hingga letih lesu.

Dr. Firlihany menghimbau setiap pegawai senantiasi bersikap objektif dan berpikir positif. “Berpikir positif artinya tidak perlu panik meski waspada itu diperlukan. Dengan berpikir objektif dan positif maka setiap komunikasi yang terjalin antar pegawai juga akan baik dan tidak menimbulkan kekhawatiran”, sebutnya.

Setiap pegawai juga wajib memperhatikan cara pencegahan penyebaran virus Covid19 dengan:

  • Sering memcuci tangan
  • Gunakan masker bila batu/sakit
  • Konsumsi gizi seimbang
  • Hati-hati kontak dengan hewan
  • Olahraga dan istirahat yang cukup
  • Tidak mengkonsumsi daging yang tidak dimasak

Yang paling penting, apabila merasakan batuk disertai sesak nafas segera memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan.

Reportase: Eka Purniawati
Fotografer: Ahmad Kemal Nasution

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN