Perpusnas Hadir pada Upacara Hari Lahir Pancasila

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta Pusat -- Seluruh jajaran pimpinan tinggi madya dan pratama Perpustakaan Nasional RI menghadiri secara virtual upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022, Rabu (1/6). Jajaran dipimpin oleh Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI, Ofy Sofiana, dan Deputi Bidang Sumber Daya Perpustakaan, Deni Kurniadi.

Upacara sendiri dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo di lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur. Pemilihan tempat ini tentunya berlatar belakang historis, di mana Ende merupakan tempat dirumuskannya Pancasila, oleh Ir. Soekarno pada masa pengasingannya antara tahun 1934 s.d 1938.

Pada Pidatonya, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh anak-anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. "Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun Ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan Ujian-ujian, dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," ucapnya.

"Saya selalu Ingatkan kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan kita kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa," tambah Joko Widodo.

Komandan upacara kali ini adalah Kolonel Inf. Tunjung Setyabudi. Ketua MPR, Bambang Soesatyo pada kesempatan ini melaksanakan tugas sebagai pembacah naskah Pancasila. Wakil ketua DPR Lodewijk Frederick membacakan naskah Pembukaan UUD 1945, sedangkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia, Muhadjir Effendi bertugas membacakan doa.

Reportase: Radhitya Purnama,

Foto: Alfian

 

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN