Perpusnas Serahkan Mobil Perpustakaan Keliling untuk Kabupaten Manggarai

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta - Dalam upaya peningkatan indeks literasi, diperlukan dukungan pemerintah daerah. Hal ini harus terintegrasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah di tingkat kabupaten/kota.

Demikian disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Adin Bondar saat menerima kunjungan Bupati Manggarai Herybertus G.L. Nabit di ruang rapat Deputi II, Rabu (14/12/2022).

"Dalam rangka membangun indeks literasi, pemerintah pusat tidak dapat berjalan sendiri. Perlu dukungan dari pemerintah daerah di kabupaten/kota," kata Adin.

Apalagi saat ini, lanjut Adin, prioritas nasional yang tertuang dalam RPJMN Joko Widodo-Ma'ruf Amin salah satunya membangun SDM Unggul.

"Kondisi saat ini sumber daya alam kita melimpah, namun sumber daya manusia belum mampu mengelola ini dengan baik. Maka dari itu literasi penting dimiliki," lanjutnya.

Adin menjelaskan, paradigma perpustakaan telah berubah. Tidak lagi hanya tumpukan buku saja tetapi perpustakaan menjadi ruang publik belajar kontekstual.

"Kehadiran perpustakaan bukan lagi institusi yang berdiam diri saja, sekarang paradigmanya transfer knowledge," jelasnya.

Untuk mendukung hal tersebut, Perpusnas pun memberikan fasilitas mobil perpustakaan keliling ke sejumlah daerah. Salah satunya Kabupaten Manggarai.

"Bantuan ini stimulasi untuk perpustakaan yang ada di daerah. Kami harap ada kebijakan dari pimpinan daerah yang berpihak kepada kami dalam peningkatan budaya literasi," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Manggarai Herybertus G.L. Nabit menyampaikan, komitmennya untuk memanfaatkan mobil perpustakaan keliling untuk peningkatan literasi masyarakat Kabupaten Manggarai.

Dalam upayanya tersebut, Herybertus mengatakan akan menggandeng berbagai pihak. Seperti bunda literasi, bunda baca, kelompok masyarakat, hingga taman baca masyarakat.

"Mobil Perpustakaan Keliling ini tentu tidak sekadar mobil tetapi harus dimanfaatkan. Kami sungguh berharap bahwa fasilitas ini mampu menumbuhkan minat baca, meningkatkan literasi. Sehingga akan berdampak pada peningkatan ekonomi, sosial, budaya bagi seluruh masyarakat Manggarai," harapnya.

 

Reportase: Wara Merdeka

Fotografer: Aji Anwar

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN