Perpustakaan Perkuat Kualitas Pendidikan

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Buton, Sulawesi Tenggara - Untuk memajukan pendidikan di suatu daerah, salah satu yang harus ditingkatkan adalah perpustakaan.

Bupati Buton, Basiran, menyam paikan apresiasi atas terlaksananya pembangunan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Kabupaten Buton senilai Rp. 8.481.000.000 yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan Tahun 2020.

Pembangunan gedung perpustakaan ini dinilai Basiran tidak hanya memiliki nilai pada sektor infrastruktur, melainkan juga sektor Sumber Daya Manusia (SDM) karena mampu meningkatkan kualitas SDM dengan ilmu pengetahuan.

“Pengembangan perpustakaan daerah sangat penting untuk didorong karena menjadi pusat literasi yang mampu mendukung peningkatan kualitas SDM di wilayah Kabupaten Buton,” ungkapnya.

Selain itu, Basiran juga menambahkan bahwa perpustakaan daerah sangat strategis untuk menjadi lokasi berkumpul warga dalam mencari bahan bacaan tentang life skill yang dapat dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Harapannya yakni masyarakat mampu berani menghadapi masalah dalam hidup, sehingga secara proaktif dan kreatif dapat mencari solusi untuk mengatasinya,” ucap Basiran.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Deni Kurniadi dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan gedung perpustakaan tersebut merupakan capaian membanggakan yang menjadi salah satu tanda keseriusan yang ditunjukkan pemerintah daerah.

“Ini menunjukkan bahwa DAK yang digelontorkan pemerintah pusat benar-benar bermanfaat dalam memacu dan memicu pertumbuhan kegemaran membaca serta pertumbuhan literasi masyarakat,” jelas Deni.

Upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang telah diamanatkan dalam UUD 1945, lanjut Deni, merupakan langkah yang strategis dan menjadi keniscayaan.

“Hidup bangsa yang sejahtera hanya akan diwujudkan apabila setiap warga negara memiliki hidup yang cerdas,” terang Deni.

Kecerdasan hidup individu didapat antara lain dengan peningkatan kemauan dan kemampuan belajar, sehingga dengan sendirinya kegiatan belajar menjadi kewajiban dasar bagi setiap manusia. Dalam upaya mendukung keberhasilan tersebut, pemerintah memiliki kewajiban untuk memfasilitasi kegiatan belajar warga negaranya.

“Oleh sebab itu, tersedianya sarana belajar, termasuk tersedianya perpustakaan yang baik serta kesempatan yang sama bagi setiap warga negara untuk belajar adalah tanggung jawab mutlak pemerintah,” pungkasnya.

Kegiatan Peresmian Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Kabupaten Buton yang diselenggarakan secara hibrida, Senin (12/12/2022) juga dirangkaian dengan Pengukuhan Deisy Natalia Rompas sebagai Bunda Literasi Kabupaten Buton dan Talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat untuk Kesejahteraan.

Reporter: Basma Sartika

Fotografer: Ahmad Kemal Nasution

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN