Siap Produktif Sukses dan Bahagia di Masa Pensiun

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

“Tetap produktif, tetap kreatif, dan tetap bahagia.”

Pernyataan tersebut diucapkan oleh Sekretaris Utama (Sestama) Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia saat melakukan sambutan sekaligus membuka acara Pembekalan Pegawai Menjelang Batas Usia Pensiun di Lingkungan Perpusnas yang diselenggarakan di Hotel Gumilang Regency, Kota Bandung pada Rabu (31/7/2024).

Sestama Joko menyatakan bahwa Pembekalan tersebut bertujuan agar pegawai Perpusnas yang masuk masa pensiun akan tetap produktif dan semangat untuk berbakti kepada masyarakat dan keluarga. Ia menambahkan bahwa persiapan pensiun sebaiknya dilakukan dari jauh hari sehingga pegawai dapat mengakhiri masa kerja dengan perasaan gembira.

Sestama Joko juga menyebutkan ada beberapa hal yang patut dicermati oleh pegawai yang akan memasuki masa pensiun.

Yang pertama adalah keyakinan menjadi kunci dalam menghadapi masa pensiun bahwa apapun yang telah dilakukan adalah yang terbaik, sehingga pegawai dapat memasuki masa pensiun tanpa adanya beban pikiran.

Selanjutnya ia menambahkan bahwa kebahagiaan layak untuk terus diperjuangkan terutama keluarga, “masa pensiun menjadi salah satu kesempatan untuk menjaga kebahagiaan dan keharmonisan dalam keluarga,” ucap Joko Santoso.

Terakhir adalah untuk tetap produktif dalam memanfaatkan waktu di masa pensiun, dalam artian tetap memberikan kontribusi kepada orang lain. Ia menganalogikan produktifitas tersebut dengan Human Library, yaitu sebagai manusia yang hendaknya menjadi pendengar yang baik, memberi nasehat terhadap hal yang diperlukan, serta memastikan informasi yang diketahui menjadi relevan bagi siapa saja.

Reporter & Dokumentasi : Andri Tri

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jumlah pengunjung