Turnamen Badminton Perpusnas 2024: Menjaga Silaturahmi dan Sportivitas Jelang HUT RI ke-79

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Senen, Jakarta - Turnamen ini bukan hanya ajang kompetisi, tetapi juga upaya memperkuat persahabatan dan kebugaran bersama. 

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Joko Santoso dalam pembukaan Turnamen Badminton Perpusnas, Senin (5/8/2024). 

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79, Perpusnas kembali menggelar Turnamen Badminton Perpusnas 2024 setelah vakum selama 19 tahun sejak terakhir kali diadakan pada tahun 2005. 

Joko Santoso mengutarakan bahwa selain badminton, Perpusnas akan mengadakan turnamen olahraga lainnya seperti voli, futsal, dan catur untuk terus menjaga semangat kebersamaan dan kesehatan para pegawai. 

"Dengan berbagai macam perlombaan ini, kita ingin menjaga kebugaran, memperkuat silaturahmi, dan mengedepankan sportivitas," tuturnya. 

Bagi Joko, pertandingan ini juga menjadi momentum yang tepat mengingat Indonesia baru saja meraih medali emas di cabang badminton pada Olympic Games Paris 2024. “Standar internasional dari Badminton World Federation (BWF) juga diterapkan dalam turnamen ini ya, jadi gak main-main untuk memastikan kualitas dan sportivitas pertandingan,” imbuhnya. 

Ia berpesan, dengan semangat 'Mens sana in corpore sano' – dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat, Perpusnas berharap kegiatan ini dapat mempererat hubungan antarpegawai dan menjaga kesehatan bersama. "Selamat bertanding dan tetap semangat!” tegas Joko. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Turnamen Badminton Soewardi melaporkan bahwa turnamen ini diadakan pada Senin sampai Rabu (5-7/8) di Kenari Futsal dan Badminton, Senen, Jakarta. 

“Turnamen ini diikuti 15 unit kerja eselon satu dan dua, artinya seluruh unit mengirimkan perwakilannya melalui nama-nama yang sudah disampaikan kepada kami, atletnya yang sesuai dengan ketentuan dapat menyampaikan minimal empat atlet putra dan empat atlet putri. Walaupun ada yang mengirimkan minimal memang dua, ada yang tiga, dan seterusnya,” ujarnya. 

Menurutnya, animo peserta sangat tinggi sejak pengumuman disebarkan pada 11 Juli 2024. "Lapangan Kenari ini dipadati oleh para pegawai yang berlatih, terutama di dua minggu terakhir. Ini menunjukkan semangat yang luar biasa dari teman-teman semua," katanya. 

Pelaksanaan turnamen ini mendapatkan dukungan penuh dari KORPRI Perpusnas dan berbagai pihak terkait. Soewardi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi demi terselenggaranya kegiatan ini. 

"Kami berharap di masa mendatang, Perpusnas memiliki lapangan sendiri untuk memfasilitasi kegiatan olahraga internal," pungkasnya.

 

Reporter: Alditta Khoirun Nisa

 

Dokumentasi: Deny Irawan

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jumlah pengunjung