Upacara HUT Kemerdekaan ke-77, Pegawai Perpusnas Kenakan Baju Adat Nusantara

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta -- Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menyelenggarakan upacara bendera dilaksanakan di lapangan Gedung Perpusnas Salemba.

Upacara diikuti oleh seluruh pegawai Perpusnas dengan mengenakan busana adat nusantara. Dalam upacara HUT ke-77 di Perpusnas, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando bertindak sebagai Inspekstur Upacara dan pembaca teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Dalam sambutannya, Syarif Bando menyampaikan bahwa pustakawan harus mampu mendorong perpustakaan-perpustakaan yang ada di Indonesia agar dapat dikelola dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dijelaskan, keberadaan perpustakaan tidak hanya didukung dalam pembukaan UUD 1945 saja, tetapi juga didukung langsung dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak Karya Rekam.

"Tidak ada yang dapat mengantarkan perpustakaan-perpustakaan di Indonesia, kecuali kita hadir untuk mentriger bagaimana perpustakaan itu dikelola dengan sebaik-baiknya, dan perpustakaan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Agar minimal 30-50 persen masyarakat Indonesia mengklaim bahwa perpustakaan membuatnya cerdas, sejahtera, dari ilmu yang digali di perpustakaan," jelasnya, Rabu (17/08/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perpusnas menyematkan Penganugrahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia Satyalancana Karya Satya 2022 kepada 40 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Perpusnas.

Di antaranya dengan masa pengabdian 10 tahun sejumlah 12 orang, 20 tahun sejumlah 6 orang, dan 30 tahun sejumlah 22 orang.

Penghargaan Satyalancana Karya Satya merupakan tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada para Pegawai Negeri Sipil yang telah melaksanakan tugasnya dengan menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, serta telah bekerja terus-menerus dalam jangka waktu tertentu.

 

Reportase: Wara Merdeka
Fotografer: Ahmad Kemal

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN