Alih Tugas adalah Alamiah dan Wajar

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta – Dalam sebuah organisasi, alih tugas merupakan sesuatu yang alamiah dan wajar terjadi.  

Demikian disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), E. Aminudin Azis pada kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas, dan Jabatan Fungsional di lingkungan Perpusnas, Rabu (16/10/2024).

Dia mengatakan upaya ini ditujukan paling tidak untuk dua hal yakni rotasi dan mutasi dilakukan untuk menjaga dinamika dan respons terhadap perubahan dan tantangan yang dihadapi. Selanjutnya, penataan organisasi dan penentuan pimpinan dilakukan untuk memberikan penyegaran di lingkungan kerja.

“Oleh karena itu, saya sangat berharap bahwa saudara-saudara yang baru dilantik pada saat ini membawa pikiran-pikiran baru, sehingga dinamika organisasi akan terus berjalan di satuan kerja saudara-saudara,” ucapnya.

Amin juga menambahkan bahwa rotasi dan mutasi selalu didasarkan kepada hasil pemantauan dan evaluasi yang pelaksanaannya tentu dilakukan dengan cara dan pihak yang kredibel.

“Tidak ada satu pihak pun dalam tim pemantauan dan evaluasi jabatan ini yang tidak kompeten. Oleh karena itu, saya mempercayakan semuanya untuk dilakukan penilaian yang sebenar-benarnya terhadap kinerja yang sudah ditunjukkan,” ungkapnya.

Perpusnas adalah lembaga pelayanan masyarakat, maka dari itu kepentingan masyarakat harus didahulukan. Dengan demikian, Amin menegaskan bukan pejabat yang dilayani melainkan sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk melayani masyarakat.

“Saya percaya bahwa saudara-saudara memiliki komitmen untuk memberikan layanan terbaik karena melalui layanan itu kita akan dinilai oleh masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut, Amin menegaskan bahwa di dalam dinamika perubahan yang begitu cepat saat ini, masyarakat bisa menyebarkan berita baik tapi di waktu yang sama mereka juga bisa menyebarkan berita buruk tentang kualitas layanan yang diberikan.

“Saya sangat berharap dan meminta kepada saudara-saudara untuk memperbaiki layanan-layanan yang akan diberikan kepada masyarakat,” pintanya.

Pada kesempatan tersebut, Amin juga mengingatkan Perpusnas tidak dapat berdiri sendiri dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, kecuali dengan mengoptimalkan kehadiran unit kerja internal dan mitra eksternal.

Amin mengakhirinya dengan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada pejabat lama atas pengabdian, dedikasi, dan kerja keras yang dilakukan selama menjabat. Dan kepada pejabat baru, dia berharap mereka mampu belajar dengan cepat di lingkungan baru dan segera melakukan aksi.

 

Reporter: Basma Sartika

Dokumentasi: Aditya Irfan Fakhruddin dan Alifyan Tarih Alfatih

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jumlah pengunjung