FAKTA EMPIRIK : KUALITAS PELAYANAN PERPUSNAS-RI TERBAIK & DIATAS RATA-RATA

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Ombusment Republik Indonesia memberikan penghargaan terbaik kepada Perpustakaan Nasional RI atas kinerja pelayanan publik.  Kualitas pelayanan atau Kinerja pelayanan yang ditunjukkan Perpustakaan Nasional RI memberikan kepuasan publik diatas rata-rata.  Publik tidak saja PUAS, tetapi yang lebih dari kepuasan itu adalah TRUST atau kepercayaan yang mengagumkan. Salah seorang penulis Buku terkenal yang tidak mau disebutkan namanya mengemukakan kekaguman nya terhadap PERPUSNAS-RI atas penerbitan ISBN yang sangat cepat. Hal ini sudah sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang selalu mengatakan, era saat ini adalah era kecepatan. Kita tidak bisa lagi mengandalkan kekuatan, tetapi mengandalkan kecepatan.  Siapa yang cepat pasti akan tampil sebagai pemenang. Era revolusi Industri 4.0  telah mendunia dan memberi warning kepada semua manusia, agar berpikir cepat, bersikap cepat dan bertindak cepat. Perpustakaan Nasional RI telah melakukan itu dengan strategi pelayanan yang mengedepankan Kepuasan dan Kepercayaan publik. Pelayanan yang cepat, pelayanan yang murah, pelayanan yang terjanggau dan pelayanan SEPENUH HATI yang ditunjukkan Perpusnas-RI melahirkan kepuasan. Perpusnas-RI juga telah membuktikan janjinya sebagai lembaga yang dipercayakan oleh negaraa dalam meningkatkan dan mengembangkan LITERASI Indonesia telah mendapatkan kepercayaan terbaik. Menjamur nya beberapa penerbit baru saat ini menunjukkan kepercayaan publik yang tinggi kepada Perpusnas-RI.   Pemberian penghargaan dari Ombusdmen-RI kepada Perpusnas-RI sebagai salah satu bukti bahwa lembaga ini bekerja secara profesional dengan mengedepankan etika pelayanan publik sebagaimana dalam jargon BERAKHLAK.  Publik meyakini khususnya para penerbit BUKU bahwa reputasi Perpusnas-RI yang belakangan ini mendapat pujian dari berbagai kalangan. Berdasarkan informasi dari Adin Bondar memang PERPUSNAS RI terus berbenah diri dari hari kehari dengan kekuatan Tim yang kuat melalui ide dan gagasan baru untuk sebuah perubahan terbaik dalam pelayanan publik. Para penerbit akan terkesima dan terpesona melihat permohonan ISBN nya sangat cepat dan tepat waktu sudah terbit. Hal ini bukan-lah hal yang biasa, bila kita bandingkan dengan lembaga-lembaga pelayanan lainnya yang melayani publik berakhir dengan kekecewaan.  Tetapi sangat berbeda dengan Perpusnas-RI yang selalu mengedepankan KEPUASAN PUBLIK.  Pakar dan Guru besar Ilmu Pemerintahan Prof Dr Talizi Nduhu Ndraha (alm) mengemukakan bahwa Kepuasan publik itu tidak lahir begitu saja, akan tetapi melalui sebuah proses yang cukup panjang yaitu : JANJI – BUKTI-TANGGUNGJAWAB – KEPUASAN – KEPERCAYAAN. Sehingga bila kita lihat dari siklus itu, kepuasan publik akan hadir bila telah melewati fase Janji-bukti dan tanggungjawab. Seorang atau lembaga telah mengucapkan Janji harus terbukti. Bila janji tak terbukti jangan berharap publik akan puas apalagi percaya. Demikianpun bila janji sudah terbukti maka janji tersebut harus dipertanggungjawaabkan, dan seterusnya.  Dengan demikian adanya pergeseran penilaian publik dari KEPUASAN ke TRUST menunjukkan bahwa Perpusnas-RI telah menjalankan siklus  kepuasan dan kepercayaan sebagaimana dikemukakan oleh Guru Besar Ilmu Pemerintahan itu.

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jumlah pengunjung