Jusuf Kalla: ASN Harus Melayani

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Senayan, Jakarta -Prinsip pokok tugas pegawai negeri adalah melayani masyarakat. Hal ini disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam Presidential Lecture yang digelar di Istora Senayan, Rabu (24/07). Tema yang diusung President Lecture tahun ini adalah “Sinergi Untuk Melayani”.

Dalam acara yang diikuti sebanyak 6.148 CPNS tahun 2018 dari 78 KL tersebut, Wapres Jusuf Kalla menjelaskan, melayani tentu berbeda cara tergantung apa yang menjadi tugas seorang pegawai negeri sipil. "Melayani tentu berbeda-beda caranya tergantung apa yang menjadi tugas. Ini dilakukan untuk mewujudkan suatu pemerintahan dengan sistem birokrasi yang baik dan siap bersaing utk kemajuan bangsa," jelasnya.

Pada acara yang digelar untuk kedua kalinya ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, juga menyampaikan Indonesia kini berada di peringkat 45 dari 140 negara dalam indeks kesiapan menghadapi Revolusi Industry 4.0, sehingga perlunya menyiapkan smart ASN. “Sejalan dengan prioritas pembangunan sumber daya manusia, kami siapkan generasi smart ASN guna menghadapi tantangan, disrupsi, dan revolusi industri 4.0,” ungkap Menpan.

Selanjutnya Syafruddin menjelaskan pada seleksi CPNS 2018 sebanyak 180.644 peserta lolos seleksi dari 238.015 formasi di 76 kementerian dan 525 pemerintah daerah.
Hadir pula sebagai pembicara Pan Suk Kim (Former Minister of Personnel Management Korea Selatan), Bambang Brodjonegoro (Bappenas RI), dan Wishnutama (Komisaris Utama Media Net TV/ Creative Director of opening and closing 18th Asian Games 2018.

Reportase : Wara Merdekawati/ Eka Purniawati

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN