Kepala Perpusnas: Perlu Adanya Penghitungan Kebutuhan Jumlah Pustakawan di Daerah

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando menyampaikan, tantangan Perpusnas ke depan adalah menghitung kebutuhan jumlah jabatan fungsional pustakawan di semua jenis perpustakaan.

Penghitungan ini dilakukan agar pemerintah daerah maupun instansi dapat memahami kebutuhan pustakawan di perpustakaannya.

Hal ini disampaikan dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional Pustakawan di lingkungan Perpusnas pada Selasa, (14/2/2023).

"Ini merupakan tugas Perpusnas sebagai instansi pembina jabatan fungsional pustakawan. Sehingga pemda dan instansi dapat mengajukan formasi pustakawan sesuai kebutuhan," ungkapnya.

Kepala Perpusnas meminta agar penghitungan jumlah kebutuhan jabatan fungsional pustakawan ini dapat dilakukan di semua jenis perpustakaan, baik perpustakaan umum, khusus, sekolah dan perguruan tinggi. "Tidak hanya di tingkat provinsi, kabupaten kota saja tetapi sampai ke daerah pelosok," lanjutnya.

Dijelaskan, paradigma perpustakaan saat ini telah berubah. Perpustakaan tidak lagi hanya berbicara mengenai manajemen koleksi dan manajemen pengetahun, namun 70 persen peran perpustakaan sebagai transfer pengetahuan.

"Jangan lupa pustakawan adalah jabatan profesional, sehingga pustakawan harus ambil bagian itu," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perpusnas melantik Yuliatry Bunga dan Abdullah sebagai Pustakawan Ahli Utama,  tiga pejabat Pustakawan Ahli Madya, empat pejabat Pustakawan Ahli Muda dan satu pejabat Pustakawan Penyelia.

Kepada pejabat yang dilantik, Kepala Perpusnas berpesan agar dapat meningkatkan kinerjanya. "Pelantikan ini merupakan bagian dari memperkuat SDM kita, selalu harus dipahami setiap tambahan satu SDM yang meningkat jabatannya, mohon diikuti pula dengan peningkatan kinerja," pesannya.

 

 

 

Reporter: Wara Merdeka

Fotografer: Prakas/Aji

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN