Kota Dumai Gencar Bangun Pendidikan dan Perpustakaan Terbaik

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta – Wali Kota Dumai, Paisal mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang sangat gencar membangun pendidikan dan perpustakaan di wilayahnya.

Hal ini yang menjadi latar kedatangannya beserta rombongan ke Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Selasa (5/9/2023).

“Dari kunjungan ini kami mendapatkan ilmu yang luar biasa. Kelak wawasan yang kami terima ini dapat selanjutnya diimplementasikan di Kota Dumai,” ucapnya.

Selanjutnya dia pun berharap sinergitas dan kolaborasi ini dapat terus terjalin dengan baik, agar pengembangan perpustakaan baik dalam memberikan pelayanan hingga sarana prasarana yang terbaik dapat dilakukan hingga tingkat kelurahan.

“Harapannya tidak lain tidak bukan ialah agar semangat baca anak-anak dapat menjadi lebih tinggi,” harapnya.

Kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando dan mendapat apresiasi luar biasa atas komitmen yang disampaikan oleh Wali Kota Dumai dalam memajukan pendidikan melalui perpustakaan.

“Hari ini kita semua bertemu dalam suatu tugas kenegaraan untuk melayani masyarakat guna mengimplemetasikan iqra karena siapapun kita tugasnya adalah mencerdaskan anak bangsa,” ungkapnya.

Kepala Perpusnas dalam hal ini meyakini bahwa gerakan untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat, tidak dapat dilakukan secara parsial dan terkotak-kotak, melainkan menjadi gerakan bersama antar pemerintah pusat maupun daerah.

“Melakukan suatu gerakan tidak boleh terkotak-kotak, sehingga dalam pelaksanaannya kita harus mampu merangkul pihak lain untuk menyamakan persepsi atas perpustakaan dan literasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Syarif Bando menambahkan sejatinya perpustakaan hari ini telah berubah dan memiliki paradigma baru yakni selain memberikan pengetahuan, perpustakaan juga memberikan keahlian kepada masyarakat melalui program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

“TPBIS merupakan program pendampingan yang dilakukan perpustakaan kepada masyarakat agar mereka mampu berkreasi dan berinovasi secara mandiri. Harapannya TPBIS mampu mengurangi tingkat pengangguran yang ada,” pungkasnya.

Reporter: Basma Sartika

Fotografer: Aji Anwar

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN