Kunjungan Kerja DPRD Lampung Utara dan Bunda Literasi Kabupaten Belu

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menerima kunjungan kerja Anggota Pansus DPRD Lampung Utara dan Bunda Literasi Kabupaten Belu beserta jajaran di Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11 Jakarta Pusat, Selasa (27/6/2023).

 

Salah satu anggota Pansus DPRD Lampung Utara, Ali Darmawan mengatakan bahwa maksud kunjungannya adalah untuk mendapatkan pendampingan terkait perumusan peraturan daerah terkait literasi dan perpustakaan.

 

“Menjadi atensi kami untuk mendukung perkembangan literasi di Lampung Utara  dan memajukan perpustakaan, maka kami perlu menyusun peraturan yang menguatkan hal tersebut”, ungkap Ali.

 

Hadir dalam kesempatan yang sama, Bunda Literasi Kabupaten Belu, Freny Sumantri Taolin juga mengatakan bahwa setelah dilantik menjadi Bunda Literasi dua tahun yang lalu, berbagai kegiatan sudah dilakukan. 

 

Kegiatan tersebut antara lain Safari Literasi ke kecamatan, mengecek kebutuhan sarana literasi di desa, festival literasi, hingga kampanye gemar membaca melalui media sosial.

 

"Semua kegiatan sudah kami lakukan, namun sebagai salah satu daerah yang masuk dalam kategori 3T (terdepan, tertinggal, terluar), perlu adanya bantuan dari pusat untuk melengkapi sarana dan prasarana literasi di daerah kami”, lanjut Freny.

 

Menanggapi hal tersebut, Direktur Standardisasi dan Akreditasi Perpustakaan Perpusnas, Supriyanto mengatakan bahwa permasalahan yang kini dihadapi adalah terbatasnya konektivitas dan akses terhadap pengetahuan dan informasi penting yang dibutuhkan karena faktor geografis dan infrastruktur.

 

“Perpusnas terus berupaya untuk meningkatkan infrastruktur akses pengetahuan dan informasi dengan berbagai macam stimulus untuk perpustakaan di daerah”, ungkap Supriyanto

 

Lebih lanjut, Supriyanto menjelaskan bahwa bantuan-bantuan yang telah diberikan untuk perpustakaan di daerah antara lain Mobil Perpustakaan Keliling, Pojok Baca Digital (POCADI), Motor Perpustakaan Keliling, hingga pembangunan gedung perpustakaan melalui Dana Alokasi Khusus Fisik Subbidang Perpustakaan.

 

Direktur Deposit dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan, Emyati Tangke Lembang yang turut hadir mengatakan bahwa selain bantuan yang diberikan untuk perpustakaan di daerah, Perpusnas juga mengembangkan berbagai macam produk informasi yang dapat diakses oleh masyarakat umum seperti iPusnas dan BintangPusnas.

 

“Koleksi yang ada di Perpusnas sudah dialihmediakan untuk membantu dan mempermudah masyarakat mengakses informasi”, ujar Emyati.

 

 

Reporter: Gilang Arwin Saputri

Fotografer: Prakas Agrestian

 

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN