Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Jadi Prioritas Bersama

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi dasar kunjungan kerja yang dilakukan Bupati Sigi, Mohamad Irwan dan Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman ke Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Selasa (18/1/2023).

Irwan mengatakan bahwa pendidikan membutuhkan dukungan dalam bentuk sarana dan prasarana perpustakaan untuk mengoptimalkan penciptaan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. “Pemahaman pengetahuan masyarakat tentang kehidupan bisa dipelajari dan diperoleh dengan sangat baik dari perpustakaan,” ujar Bupati Sigi.

Pada kesempatan yang sama, Budiman menambahkan bahwa literasi juga penting dan dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas SDM menjadi unggul. “Untuk meningkatkan SDM menjadi unggul butuh literasi,” ucap Pj. Bupati Buton Selatan.

Kedua pimpinan daerah tersebut menyampaikan keterbatasan yang mereka miliki, sehingga mengharapkan kolaborasi dengan pemerintah pusat dapat terjalin.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Adin Bondar, yang menerima langsung kunjungan kerja tersebut sangat mengapresiasi hal tersebut dan sependapat kehadiran perpustakaan melalui penguatan kegemaran budaya baca dan literasi mampu mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Kegemaran membaca menjadi pekerjaan rumah yang sangat besar sekali. Untuk itu, kehadiran perpustakaan bisa menjadi instrumen sosial dalam mewujudkan percepatan pertumbuhan masyarakat unggul karena mereka mendapat akses terhadap ilmu pengetahuan,” jelasnya.

Hal tersebut menjadi dasar kerangka pikir perpustakaan dalam menghadirkan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). Program TPBIS lebih lanjut dijelaskan Adin telah berhasil mendampingi ribuan orang keluar dari jerat kemiskinan.

“Dari sentuhan literasi dan transformasi perpustakaan, ribuan orang telah keluar dari kemiskinan. Jadi, ketika ilmu sudah didapat, kita tidak berhenti disitu tapi dipraktikan,” ungkapnya.

Turut hadir mendampingi, Pustakawan Ahli Utama, Deni Kurniadi, memaparkan sejumlah dukungan yang telah diberikan Perpusnas kepada Kabupaten Sigi dan Kabupaten Buton Selatan. Sigi telah menerima 2 unit mobil perpustakaan keliling pada 2012 dan 2018, Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan untuk renovasi, TIK, dan perabot sejak 2019, dan Program TPBIS di 5 (lima).

“Buton Selatan pada tahun 2017 sudah diberikan mobil perpustakaan keliling. Catatannya ialah mohon perhatian untuk menambah sarana dan tenaga perpustakaan untuk menampung dukunga Program TPBIS dari pusat,” pintanya.

Terkait DAK Fisik Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus, Nani Suryani, menerangkan ada 6 (enam) menu yang dapat diajukan oleh daerah diantaranya pembangunan gedung, perluasan gedung, renovasi gedung, perabot layanan, TIK layanan, dan bahan pustaka.

“Khusus untuk menu pembangunan gedung, persyaratan yang harus dilengkapi yakni sertifikat tanah atas nama pemda, RAB, DED, surat komitmen dari bupati, dan peta zona bencana,” pungkasnya.

Reporter: Basma Sartika

Fotografer: Aji Anwar

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN