Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki Buka Pameran Lukisan Coffee in Culture Heritage 2 di Perpusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki membuka secara resmi pameran lukisan  Coffee in Culture Heritage Kedua di Perpustakaan Nasional RI Jalan Medan Medeka Selatan, Rabu (8/2/2022).

Pembukaan Pameran juga dihadiri oleh Suharyanto selaku Kepala Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan yang mewakili Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Menteri Teten Masduki memberikan dukungan secara penuh atas terselenggaranya pameran ini dan  memberikan apreasiasi kepada para pelaku seni. Pameran ini juga sebagai salah satu upaya dalam mendukung program pemerintah  di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Pameran diselenggarakan oleh Komunitas coffee painter Indonesia yang diketuai oleh Jan Praba bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI. Pameran akan berlangsung dari tanggal 8 sampai dengan 17 Februari 2023 memamerkan sebanyak 30 lukisan.

Perpusnas menyambut baik acara ini, karena akan mendorong masyarakat semakin mencintai seni dan meningkatkan literasi kesenian. Perpusnas selalu memberikan dukungan kepada pelaku seni, terlebih pelaku seni yang mengusung budaya bangsa.

Hari ini tentunya sangat istimewa karena pameran lukisan ini menggunakan kopi sebagai bahan pewarna. Harapannya dengan menggunakan kopi, semakin menambah nilai keistimewaan kopi. Semula kopi hanya bisa dinikmati dengan indra pengecap.  kini bisa dinikmati dengan indra penglihatan.

Kelompok coffee painter Indonesia memiliki visi memberikan pelatihan melukis dengan bahan kopi. Seperti kata pepatah sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Maka dengan kegiatan ini kita dapat meningkatkan nilai jual kopi Indonesia sekaligus mengenalkan budaya Indonesia melalui lukisan kopi ke seluruh penjuru dunia.

Berbicara tentang kopi, Perpusnas memiliki koleksi tentang kopi sebanyak 610 judul terdiri dari berbagai jenis bahan perpustakaan. Perpustakaan Nasional  mengoleksi sekitar 5.380 bahan grafis dan campuran yang terdiri dari foto dan lukisan.

Lukisan yang dikoleksi ada yang dari cat air, cat minyak dan pewarna lainnya. Salah satu lukisannya adalah lukisan rumah gubernur Jenderal Willem Hendrik van Ossenberg di jalan Jaccatra yang dilukis menggunakan tinta cina di atas kertas dan dilukis oleh Rach pada tahun 1775.

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN