Optimalisasi Layanan Perpustakaan, Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor Datangi Perpusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando didampingi Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Adin Bondar menerima kunjungan kerja dari Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor di Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, Kamis (26/1/2023).

Kunjungan yang dipimpin oleh Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor, Lenny Rachmawati ini merupakan upaya optimalisasi peran dan fungsi Sekretariat DPRD dalam memfasilitasi kegiatan DPRD.

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa di lingkungan Sekretariat DPRD telah dibangun Taman Inspirasi yang di dalamnya ada sebuah perpustakaan dengan nama 'Imah Bacaan'. Ruangan tersebut dihadirkan untuk mengakomodir kebutuhan para anggota DPRD akan sarana dan prasarana yang berkualitas.

"Kedatangan kami ke Perpusnas adalah untuk belajar mengenai apa yang perlu kami persiapkan agar bisa mengakomodir kebutuhan para anggota DPRD Kabupaten Bogor," ucapnya

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perpusnas mengimbau untuk bekerja profesional yakni dengan memberikan informasi terbaru secara berkesinambungan kepada seluruh anggota DPRD sesuai dengan masing-masing bidang yang ada.

"Kita sekarang 10% mengelola koleksi, 20% mengelola pengetahuan dan 70% mentransfer pengetahuan. Bentuk transfer pengetahuan ibu kepada para anggota dewan yakni dengan menyiapkan bahan yang relevan," jelasnya.

Dengan demikian, langkah selanjutnya yang dapat diambil ialah menyusun program perpustakaan seperti sosialisasi peningkatan indeks literasi dan budaya baca masyarakat di kecamatan-kecamatan dengan menghadirkan anggota dewan sebagai narasumber. Hal tersebut menurutnya juga menjadi salah satu cara yang berpengaruh untuk mendapatkan tambahan anggaran.

"Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah agar aspirasi rakyat dapat disampaikan langsung kepada anggota dewan. Dengan begitu mereka jadi tahu bahwa rakyat kekurangan buku dan sebagainya," ungkapnya.

 

Reporter: Basma Sartika

Fotografer: Andri Tri Kurnia

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN