Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 Kembali Digelar

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

 

Medan Merdeka Selatan, Jakarta- Sebanyak 15 peserta lolos sebagai finalis Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 yang akan kembali digelar pada tanggal 15 s.d 18 Mei 2023.

Dalam sambutannya pada Senin (15/5/2023), Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando mengatakan pustakawan diharapkan menjadi penggerak agar Indonesia bisa menjadi negara produsen. “Pustakawan sebagai orang pintar harus mengingatkan untuk membuka wawasan masyarakat,” ungkapnya saat membuka kegiatan tersebut di Gedung Layanan Perpusnas Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Kepala Perpusnas juga berpesan, agar tidak tergantikan perpustakaan dan pustakawan perlu menekankan peran dan fungsinya untuk mengelola ilmu pengetahuan yang akan mengantarkan masyarakat menuju kesejahteraan melalui literasi dan membaca.

“Para Pustakawan jangan cepat merasa puas mengingat perubahan akan terus berjalan dan kita sebagai agen yang terbaik karena dikelilingi ilmu pengetahuan dan buku di sekitar kita,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Kepala Perpusnas menerangkan 3 orang Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 akan berkesempatan mengikuti The IFLA World Library International Congress (IFLA WLIC) di Belanda, Agustus mendatang.

“Ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk para Pustakawan terbaik Indonesia karena di sana akan ada banyak informasi baru yang akan bisa kita dapatkan, terangnya.

Proses seleksi Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 telah dimulai pada Februari lalu. Berbeda dengan tahun sebelumnya, seleksi Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 proses penilaiannya tidak lagi dilakukan bertingkat di daerah dan langsung dilakukan oleh Tim Dewan Juri Pusat.

Tim Dewan Juri terdiri dari Pakar Kepustakawanan, Sri Sularsih sebagai Ketua dan Agus Rusmana sebagai Wakil Ketua. Sebagai Anggota Dewan Juri terdiri dari  Dosen Universitas Gadjah Mada, Ida Fajar Priyanto, Pustakawan Ahli Utama Institut Pertanian Bogor, Abdul Rahman Saleh, dan Pustakawan UIN Kalijaga, Labibah Zain.

Kegiatan ini rutin diselenggarakan sebagai ajang apresiasi tertinggi bagi pustakawan di Indonesia. Pustakawan Terbaik yang terpilih adalah yang memiliki dedikasi, inovasi, kreativitas, dan tanggung jawab profesi serta berkontribusi kepada  masyarakat secara luas.

Berikut nama Finalis Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023:

1.     Amma Naningrum, S.Sos., M.A (Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan - Solo)

2.     Dr. Anastasia Santi Delliana, S.Sos, M.I.Kom (Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis - Jakarta)

3.     Andi Saputra, S.Kom., M.Kom (Universitas Andalas - Padang)

4.     Aris Nurohman, S.H.I., M.Hum (Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto)

5.     Ceria Isra Ningtyas, S.Hum., M.I.Kom (Kementerian Pertanian - Jakarta)

6.     Ifonilla Yenianti, S.PdI, S.IPI., M.A. (Universitas Islam Negeri Salatiga)

7.     Indah Rachma Cahyani, S.IIP., M.A (Universitas Airlangga - Surabaya)

8.     Ir. Juznia Andriani, M.Hum (Pusat Perpustakaan dan Literasi Pertanian - Bogor)

9.     Meri Susanti.R.S.I.Pust.M.M (Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

10.  Mohamad Pandu Ristiyono, S.Sos., M.P (Universitas Terbuka - Banten)

11.  Mokhammad Farid Rohmawantika, S.Sos (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blora)

12.  Nadia Amelia Qurrota A'yunin, S.Hum,M.A (Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes - Jakarta)

13.  Nova Indah Wijayanti, SIP (Universitas Gadjah Mada - Yogyakarta)

14.  Novy Diana Fauzie, S.S., M.A (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

15.  Ubudiyah Setiawati, S.Sos., M.I.Kom (Universitas Komputer Indonesia - Bandung)

 

Kegiatan ini juga mendapatakan apresiasi tidak hanya dari dalam negeri tapi juga datang dari negara lain yakni dari Presiden Special Libraries Association Asia Community, Josep M Yap, Directur Partnership National Library Board Singapura, Lin Li Soh, Presiden Persatuan Pustakawan Malaysia, Ghazali Mohamed Fadzil, Special Libraries Association Asia Young Professional Librarian Tahun 2021, Kevin Conrad Tangsiongco, dan Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia, Syamsul Bahri.

Pengumuman Pemenang Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 akan digelar pada 18 Mei 2023 mendatang di Hotel Grand Mercure Hayam Wuruk Jakarta.

 

Reporter : Eka Purniawati

Fotografer : Deny Irawan

 

 

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN