Peningkatan Perpustakaan Digital, DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Koordinasi dengan Perpusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta - DPRD Provinsi Bangka Belitung mengunjungi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Rabu (23/8/2023).

Kunjungan diterima langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi (PSMPT) Nurcahyo, Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara (Pujasintara) Agus Sutoyo, Pustakawan Utama (Pustama) Upriyadi.

Dalam kunjungannya, Plt Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Heryawandi mengatakan maksud kunjungan kerjanya ini, dalam rangka koordinasi terkait upaya peningkatan perpustakaan berbasis digital dan peningkatan minat baca siswa siswi di sekolah menengah.

Kepala Pujasintara Agus Sutoyo mengatakan, layanan perpustakaan merupakan jantung dari gedung perpustakaan. "Perpustakaan kalau tidak ada layanannya ya tidak ada perpustakaan," ungkapnya.

Meski saat ini telah masuk era digital, lanjutnya layanan onsite perpustakaan masih banyak digemari. Perpusnas pun telah menyiapkan berbagai layanan digital yang dapat dinikmati masyarakat. Diantaranya, iPusnas, Khastara, E-Resources, BintangPusnas.

Dia menjelaskan, Perpusnas juga memiliki program Kartu Sakti (Satu Kartu Terintegrasi). Kartu Sakti merupakan kartu anggota perpustakaan berbasis nomor induk kependudukan dengan pengintegrasian data anggota perpustakaan.

Sementara itu,  Pustama Upriyadi menyampaikan bahwa perpustakaan saat ini berperan sebagai tempat terbuka masyarakat. Tidak hanya tempat untuk mencerdaskan tetapi juga menyejahterakan.

 

Reporter: Wara Merdeka

Fotografer: Aji Anwar

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN