Perlunya Sinergi dalam Membangun Kesadaran Literasi

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Banjarmasin, Kalimantan Selatan - Guna menyamakan persepsi dan meningkatkan mutu perpustakaan di daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Perpustakaan se-Kalsel.

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando berkesempatan hadir dan menjadi pembicara utama pada kegiatan tersebut.

Kepala Perpusnas menyebut, dalam membangun kesadaran literasi masyarakat perlu adanya sinergi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam membangun kesadaran literasi di masyarakat.

"Kita harus bersinergi untuk meningkatkan kualitas SDM. Melalui penyiapan infrastruktur dalam bentuk transformasi digital, agar perpustakaan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengakses ilmu pengetahuan," katanya, Kamis (2/3/2023).

Dijelaskan, terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan perpustakaan daerah. Diantaranya pengembangan literasi, reformasi sistem pendidikan berbasis knowledge, dan menjadikan program pengembangan perpustakaan ini menjadi gerakan seluruh anak bangsa.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Nurul Fajar Desira mengatakan, perpustakaan memiliki peranan penting dalam kesuksesan pelaksanaan pembangunan, khususnya dalam pembentukan SDM yang berkualitas, cerdas, dan berdaya saing.

“Semua perpustakaan ini harus terus kita kembangkan baik dari segi akses maupun layanannya. Ini sebagai bentuk upaya Pemerintah Provinsi Kalsel untuk menanamkan kecintaan terhadap perpustakaan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan penyelenggaraan Rakor merupakan upaya koordinasi antara provinsi dan kabupaten/kota dalam mensinergikan berbagai program dan kegiatan bidang perpustakaan di daerah.

"Rapat ini diharapkan dapat terjadi kesinambungan yang sinergi antara program Perpustakaan kabupaten/kota dengan perpustakaan provinsi," katanya.

Selain itu, pihaknya juga bersinergi dengan DPRD selaku mitra. Dispersip Provinsi Kalsel memiliki hubungan yang sangat baik dengan DPRD selaku mitra. Salah satu bentuk dukungan dari legislatif terhadap perpustakaan yakni akan dibuatnya Perda Tentang Perpustakaan.

"Kami pun bersinergi dengan beberapa stakeholder, seperti PLN yang akan membangun dua perpustakaan Desa, serta bantuan sarpras untuk perpustakaan disabilitas," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perpusnas menyerahkan secara simbolis dua unit bantuan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK).

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN