Perpusnas Berkomitmen untuk Kolaborasi Pengembangan Perpustakaan Daerah

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta -- Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando menerima kunjungan kerja Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang beserta rombongan di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Fasilitas Perpusnas pada Jumat (21/7/2023).

Sampai saat ini, Kabupaten Pinrang telah banyak menerima bantuan dari Perpusnas, berupa buku, pojok baca digital, dan kendaraan operasional baik roda empat maupun roda dua yang masih dapat beroperasi.

Pemerintah Kabupaten Pinrang mendukung kebijakan Kepala Perpunas yang memberikan banyak bantuan buku tentang kewirausahaan dan telah terlihat hasilnya di tengah masyarakat, di antaranya keripik pisang dan abon ikan marlin yang sudah mulai berkembang pasca Covid-19.

Sementara itu, Inspektur Aswin juga menyampaikan terima kasih atas kolaborasi yang baik antara Perpusnas dengan Kemendes terkait dicantumkannya kebijakan anggaran desa dapat digunakan untuk meningkatkan kegiatan perpustakaan di desa.

Ia juga berharap gedung perpustakaan yang sekarang telah berusia kurang lebih 12 tahun tidak mengurangi minat masyarakat untuk berkunjung dan kegiatan literasi tetap dapat dilaksanakan di Kabupaten Pinrang.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang Budaya Hamid menjelaskan akibat pandemi, anggaran di daerah untuk perpustakaan dikurangi sekitar 50%. Karenanya, diharapkan pengajuan bantuan DAK yang telah disampaikan dapat dipertimbangkan.

Lebih lanjut Budaya menambahkan bahwa keberadaan anggaran desa tidak berpengaruh karena lebih banyak dialokasikan untuk mengembangkan kapasitas kepala desa.

Menanggapi hal tersebut, Syarif menjelaskan komitmen Perpusnas untuk membantu pengembangan perpustakaan daerah di tengah keterbatasan alokasi dana akibat pandemi Covid-19.

“Dengan segala keterbatasan, kami terus berupaya untuk menjembatani kepentingan daerah dalam bentuk koordinasi, mengakselerasikan kemajuan di daerah lain kepada daerah yang belum maju, dalam kondisi yang kita mampu saat ini, tapi komitmen kami untuk kolaborasi sangat tinggi.”

 

 

Reporter              : Eka Cahyani

Fotografer           : Alfiyan T /Arie Zani P

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN