Perpusnas dan EFEO Sepakat Perpanjang Kerja Sama

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Joko Santoso menerima kunjungan dari Ecole Francaise d’Extreme Orient (EFEO). Rombongan terdiri dari Kepala Perwakilan EFEO Jakarta, Arlo Griffiths serta dari Kantor Pusat EFEO di Perancis yaitu Direktur Jenderal Administrasi, Cecilia Mendes dan Direktur Perpustakaan, Katia Juhel.

Selain berkunjung untuk melihat koleksi naskah Perpusnas, perwakilan EFEO bermaksud untuk membahas pembaruan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang telah berakhir sejak tahun 2016. Adapun ruang lingkup kerja sama sebelumnya terkait pelestarian warisan dokumenter budaya nusantara, penyediaan akses warisan dokumenter budaya nusantara, peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam pengelolaan warisan dokumenter budaya nusantara, dan penerbitan hasil penelitian warisan dokumenter budaya nusantara.

“Kami mengapresiasi rencana untuk melanjutkan MoU antara Perpusnas dan EFEO terkait program yang akan diselenggarakan pada waktu yang akan datang. Selain itu, kami juga menaruh harapan besar agar dapat mengidentifikasi naskah-naskah nusantara yang ada di Perancis dan memperkaya khasanah tentang naskah nusantara serta menjadi kajian penting bersama,” ujar Joko dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Lantai 5, Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, Selasa (26/3/2024).

Dia juga menyampaikan ketertarikannya untuk mengembangkan kapasitas sumber daya manusia seperti pertukaran tenaga ahli antara kedua lembaga tentang kajian naskah nusantara. Perpusnas dalam hal ini sangat menyambut baik kerja sama yang akan dilakukan.

Kepala Perwakilan EFEO Jakarta sangat yakin, dengan adanya kerja sama resmi yang terjalin antara kedua belah pihak yakni EFEO dan Perpusnas akan semakin mempermudah proyek penelitian bersama terkait naskah nusantara.

“Untuk penandatanganan MoU mewakili EFEO Pusat dapat dilakukan oleh Direktur Jenderal Administrasi, Cecilia Mendes sebagai pihak yang diberikan kuasa. Selain adanya penelitian atau kajian bersama, kami juga berharap dapat diselenggarakan pameran bersama,” ungkap Arlo.

Pada akhir pertemuan, Sekretaris Utama Perpusnas memberikan suvenir berupa Jurnal Manuskrip Nusantara (Jumantara) kepada masing-masing perwakilan EFEO yang hadir. Turut hadir mendampingi antara lain Kepala Biro Hukum, Organisasi, Kerja Sama dan Humas Perpusnas, Sri Marganingsih dan perwakilan Kelompok Kerja Pengelolaan Naskah Nusantara, Aditya Gunawan dan Riri Riyani, serta perwakilan Kelompok Kerja Humas dan Kerja Sama, Arwan Subakti.

Reporter: Arwan Subakti

Editor: Basma Sartika

Dokumentasi: Fauzan Abdi

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN