Perpusnas Gelar Bimbingan Teknis Pengelolaan APBN

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Ciawi, Jawa Barat -- Biro Perencanaan dan Keuangan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis (bimtek) Pengelolaan APBN pada 20-22 Juli 2023 bertempat di Hotel Ultima Horison Bhuvana Ciawi.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 60 peserta yang terdiri dari para Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) beserta staf Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di masing-masing unit kerja eselon II, termasuk UPT Bung Karno, UPT Bung Hatta, dan para pengelola keuangan di Kelompok Kerja Keuangan.

Dasar hukum pelaksaaan kegiatan ini antara lain UU No. 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara, UU No. 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara, UU No. 15 Tahun 2004 Tentang Pemeriksaan Keuangan Negara, dan UU No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Joko Santoso dalam laporannya saat pembukaan bimtek pada Kamis (20/7/2023) menekankan pentingnya penyelenggaraan bimtek ini bagi para pengelola APBN.

“Penting bagi para pengelola APBN untuk memastikan pengelolaan uang negara sesuai dengan aturan yang ada sehingga akuntabilitas bisa terlaksana,” ujarnya.

Pelaksanaan bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya pengelola anggaran di lingkungan Perpusnas, meningkatkan tata kelola keuangan di lingkungan Perpusnas, mewujudkan pemahaman dan persepsi yang sama tentang mekanisme pembayaran yang baru, memperdalam pemahaman terhadap aplikasi SAKTI, dan sebagai langkah awal dalam mempersiapkan para pengelola keuangan dalam implementasi DIGIPay di lingkungan Perpusnas RI.

Sementara itu, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando memuji kinerja keuangan Perpusnas yang selalu cemerlang selama ini, karenanya prestasi tersebut perlu dipertahankan dan diharapkan dapat ditingkatkan di masa yang akan datang.

“Kinerja Perpusnas di bidang keuangan selalu 5 besar dalam beberapa tahun belakangan ini meskipun tanpa adanya akuntan publik di Perpusnas, maka dari itu bimtek ini sebagai jalan untuk mempertahanan kinerja keuangan di Perpusnas,” ucap Syarif dalam sambutannya.

Narasumber yang hadir dalam bimtek antara lain Kepala Seksi Pelaksana Anggaran II C Direktorat Pelaksanaan Anggaran Kementerian Keuangan RI Aang Junaedi dengan materi Standar Biaya Masukan Tahun 2023 dan Pembina Teknis Perbendahraan Negara KPPN Jakarta II Slamet Hidayat.

Diharapkan Perpusnas di masa yang akan datang dapat meningkatkan serta mempertahankan nilai kinerja anggaran termasuk Indeks Kinerjanya.

 

Reporter          : Ranny Kusumawardhani

Fotografer       : Kania Maris

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN