Perpusnas Hadiri Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun 2022

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Gatot Subroto, Jakarta - Sehubungan dengan dimulainya Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Tahun 2022 di lingkungan Auditorat Keuangan Negara III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando, menghadiri acara entry meeting yang dilaksanakan di Ruang Auditorium Lantai 2 Gedung Tower BPK RI, Rabu (11/1/2023).

Auditor Utama Keuangan Negara III BPK RI, Ahmad Adib Susilo, dalam laporannya menyampaikan bahwa acara entry meeting tersebut merupakan sebuah tahapan penting dalam proses pemeriksaan yang dapat memengaruhi keberhasilan atas laporan keuangan.

Entry meeting ini adalah bentuk komunikasi yang bertujuan untuk menjalin komunikasi awal BPK dengan Kementerian/Lembaga guna mewujudkan kesamaan persepsi terhadap proses pemeriksaan,” ucapnya.

Mewakili entitas yang hadir, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy, sependapat bahwa acara ini memberi kesempatan untuk mencari kesamaan agar tidak ada dua pandangan yang berbeda dari satu hal yang sama.

Menurutnya ada dua cara pandang dalam melihat sesuatu yakni pendekatan positif optimistik dan negatif pesimistik. Sehingga dalam menatap masa depan bangsa dan membawanya menjadi lebih baik, Muhadjir mengimbau untuk menggunakan pendekatan positif optimistik. Hal tersebut dia coba ilustrasikan dengan mengambil contoh ketika sejumlah orang melihat gelas dengan isi tidak penuh, melainkan hanya setengah.

“Ketika kita melihat gelas dengan isinya yang hanya setengah, untuk yang berpikiran positif pasti mengatakan ‘alhamdulillah masih separuh’, sedangkan yang negatif ‘yah, tinggal separuh’. Untuk itulah kita harus bergerak dengan cara pandang positif optimistik karena kalau pakai yang negatif, tidak akan pernah selesai karena tidak ada yang sempurna di dunia,” jelasnya.

Sementara itu, Muhadjir juga mengajak seluruh tamu undangan untuk menjaga keseimbangan. Selain itu, langkah kreatif dan inovatif pun sangat diperlukan dalam membelanjakan anggaran.

“Efektif saja tidak cukup. Efisien saja juga tidak cukup. Keduanya harus dijalankan bersama. Itu tugas kita untuk menjaga keseimbangan,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perpusnas menerima Surat Tugas Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Tahun 2022 di lingkungan Auditorat Keuangan Negara III BPK RI yang diserahkan oleh Kepala Auditoriat III.C BPK RI, E. Priyonggo Sumbodo.

Acara entry meeting ini dihadiri oleh 102 peserta yang terdiri dari 9 (sembilan) menteri, 8 (delapan) kepala badan, 2 (dua) ketua lembaga, 3 (tiga) sekretaris jenderal, dan 12 (dua belas) perwakilan dari Kementerian/Lembaga lainnya.

Adapun pemeriksaan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-K/L) Tahun 2022 ini dilaksanakan terhadap 34 Kementerian/Lembaga dan 4 Laporan Keuangan Pinjaman/Hibah Luar Negeri.

Reporter: Basma Sartika

Fotografer: Ahmad Kemal Nasution

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN