Perpusnas Mendorong Pembudayaan Gemar Membaca Sejak Dini

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) mengemban tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, fasilitasi, bimbingan teknis, supervisi, dan evaluasi dan pelaporan di bidang analisis kebijakan perpustakaan dan pengembangan budaya baca yang diamanatkan pada Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca (PAPBB).

PAPBB sudah merencanakan beberapa kegiatan pembudayaan gemar membaca yang menghadirkan keluarga sebagai peserta dalam hal ini, orang tua dan anak.

Hal tersebut disampaikan oleh Dewi Kartikasari, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala PAPBB pada kegiatan apel yang berlangsung secara virtual, Senin (8/5/2023).

Kegiatan perdana yang semula akan dilaksanakan pada tanggal 14 Mei, dikarenakan satu dan lain hal, diagendakan ulang pada Bulan Juni tanggal 10. Kegiatan berupa talkshow “Membangun Literasi sejak Dini” mengambil tema “Pentingnya Gizi Kini, dan Nanti”.

“Pengambilan tema tersebut, dikorelasikan dengan pentingnya kualitas asupan makanan yang diberikan sejak dini untuk tumbuh kembang anak tidak hanya dalam hal fisik tetapi juga kecerdasan dan kecerdasan ini yang pada akhirnya menjadi salah satu faktor pendukung terwujudnya Sumber Daya Manusia unggul menuju Indonesia Maju sebagaimana visi yang dicanangkan pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.” Terang Dewi.

Kegiatan berikutnya, dengan konsep serupa namun dengan tema berbeda adalah Duta Baca Indonesia Menyapa Sumba Timur pada tanggal 25 Mei 2023 yang merupakan wujud peran serta Perpustakaan Nasional dalam program kegiatan kolaborasi yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Peserta yang dihadirkan meliputi anak usia sekolah (pendidikan usia dini dan TK), guru, dan orang tua serta peserta dan undangan lainnya meliputi 18 Kementerian/Lembaga dan lainnya yang hadir secara daring.

“Harapan dari pelaksanaan dua kegiatan yang melibatkan keluarga sebagai bagian terkecil dari masyarakat tersebut, dapat memotivasi kita semua yang juga merupakan bagian dari keluarga untuk turut serta mendukung dan menyukseskan kegiatan yang akan dilaksanakan mengingat upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, menjadi tugas setiap warga negara sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alinea ke-empat.” Pungkas Dewi.

 

Reporter : Noviani Maghfiroh

 

 

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN