Perpusnas Press Selenggarakan Lokakarya Menulis Singkat

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta—Perpusnas Press menyelenggarakan Workshop Penulisan Buku Batch 2 dengan tema The Power of Short: Lokakarya Menulis Singkat. Lokakarya yang diikuti oleh Komunitas PELITA (Penulis Literasi Pustaka) sebanyak 50 orang ini menghadirkan narasumber Benny Arnas. Tujuannya untuk membantu peserta mampu mengenali, menguasai, hingga menghasilkan narasi (karya) ringkas yang menggerakkan.

“Di era serba cepat hari ini, menulis dan membaca ringkas adalah sesuatu yang tak bisa ditawar. Gagal menyampaikan poin penting di menit pertama adalah merelakan pembaca meninggalkan anda. Merelakan dunia memunggungi anda,” ujar Sri Marganingsih selaku Kepala Biro Hukum, Organisasi, Kerjasama, dan Humas dalam pembukaan acara di Aula Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas), Jl. Salemba Raya No. 28 A, Jakarta, pada Senin (19/6/2023).

Dia berharap setelah mengikuti acara ini, para peserta menghasilkan karya tulisan. “Agar semua peserta, ASN Perpustakaan Nasional RI berani menulis, menyampaikan ide-ide agar tulisan kalian tidak hanya tertumpuk di laptop, tidak hanya ada di coretan-coretan kertas, mumpung di sini ada narasumber kita, Bapak Benny Arnas,” urainya.

Pada sesi workshop, Benny Arnas menyampaikan formula Story by 5, di mana formula ini akan membantu peserta untuk membuat kerangka tulisan yang baik, ringkas, bernas, dan terstruktur.

"Story by 5 saya kembangkan di masa pandemi, banyak orang yang menulis, tapi tidak semua orang bisa menuntaskan tulisannya. Lalu bagaimana cara mereka untuk tidak terjebak dalam imajinasi yang kemudian mungkin akan menjadi patah semangat dan mengabaikan tulisannya? Maka saya buatlah ini. Formula Story by 5, Menulis Ringkas, Sekali Duduk, dengan ada nya PREMIS,” jelas novelis yang memiliki kelas menulis secara daring ini.

Peserta terlihat antusias dengan kelas workshop penulisan buku. Hal ini terlihat dari banyaknya premis yang bermunculan serta koreksi langsung dengan narasumber, yang membuat suasana riuh pecah dengan keingintahuan peserta dalam menuntaskan tulisannya. Pada akhir acara, Benny Arnas meminta peserta untuk mengumpulkan tulisannya agar dikurasi secara langsung.

“Seperti yang telah dipesan oleh panitia sebelumnya, saya selaku pemateri dan juga mentor pada kegiatan workshop ini, tulisan teman-teman akan saya kurasi. Harapan kita bersama, tahun ini agar bisa dibukukan dan diterbitkan oleh Perpusnas Press,” pungkasnya.

Reporter: Aria Yulita

Fotografer: Prakas Agrestian

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN