Perpusnas Sembelih 21 Hewan Kurban

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta - Kurban adalah ibadah yang dilakukan oleh umat muslim sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT. Ibadah kurban dilakukan pada hari Idul Adha, yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Hijriyah.

Idul Adha 1444 H/2023 M, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) membentuk panitia kurban untuk melaksanakan prosesi penyembelihan hewan di halaman Masjid Baitul Ilmi Perpusnas Salemba, Jumat (30/6/2023).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Perpusnas selaku Ketua Panitia Kurban, Agus Sutoyo. Dia berharap penyembelihan hewan kurban ini dapat menjadi nilai ibadah yang sangat tinggi di mata Allah SWT.

Menurut Agus, kurban mengandung tiga nilai yaitu ketaqwaan, keimanan, dan keikhlasan. Dalam hal ini, ketaqwaan menjadi nilai yang paling tinggi karena Allah SWT menguji segala keikhlasan yang dimiliki umat-Nya dalam menjaga keimanan kepada-Nya.

“Semoga dengan penyembelihan hewan kurban yang kita lakukan, Allah SWT selalu memberikan keberkahan kepada kita semua,” ucapnya.  

Turut hadir juga Pustakawan Ahli Utama, Ahmad Masykuri dan Upriyadi, serta para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Perpusnas antara lain Kepala Biro SDM dan Umum, Kepala Pusat Pembinaan Perpustakaan Sekolah dan Perguruan Tinggi, Kepala Biro Hukum, Organisasi, Kerja Sama, dan Hubungan Masyarakat, Plt. Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca.   

Adapun jumlah hewan kurban yang terkumpul terdiri dari 4 ekor sapi dan 17 ekor kambing/domba. Penyaluran hewan-hewan kurban ini mengatasnamakan 55 orang pegawai Perpusnas (Mudhodi).

Hasil penyembelihan hewan kurban terkumpul sebanyak 472 kantong, 225 kantong daging kambing/domba dan 247 kantong daging sapi. Kantong-kantong tersebut dibagikan kepada pegawai yang hadir, tenaga kontrak, teknisi, dan seluruh petugas keamanan di lingkungan Perpusnas, tiga yayasan, Polres Jakarta Pusat, SatPol PP, dan lingkungan RT di sekitar kantor Perpusnas.

Reporter: Basma Sartika

Fotografer: Aditya Irfan Fakhruddin

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN