Perpusnas Siap Dukung Pemenuhan Koleksi Buku di Kabupaten Nias Utara

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta - Pengembangan perpustakaan menjadi program prioritas Kabupaten Nias Utara. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu saat berkunjung di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Selasa (2/5/2023).

 

Menurut Amizaro, perkembangan tersebut tidak luput dari bantuan-bantuan yang diberikan oleh Perpusnas. Bantuan tersebut antara lain mobil perpustakaan keliling, motor keliling, dan pocadi.

 

Selain itu, Kabupaten Nias Utara menjadi salah satu penerima bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik subbidang perpustakaan Tahun 2019 untuk pembangunan gedung layanan perpustakaan. 

 

“Perkembangan perpustakaan di Nias Utara terbantu dengan adanya bantuan dari Perpusnas. Hadirnya mobil perpustakaan keliling juga sangat membantu kami memfasilitasi masyarakat, terutama anak-anak di desa”, ungkap Amizaro Waruwu.

 

Amizaro juga mengatakan bahwa kapasitas buku yang sudah ada tidak mampu mencukupi permintaan masyarakat, terutama di sekolah dan organisasi-organisasi kemasyarakatan, seperti rumah ibadah.

 

“Kami belum mampu memenuhi permintaan buku yang meningkat, terutama buku untuk anak-anak”, imbuh Amizaro.

 

Senada, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Nias Utara, Ariston Zalukhu mengatakan bahwa anak-anak sangat antusias membaca, namun koleksi buku terutama untuk anak-anak masih kurang.

 

“Kami sangat proaktif meningkatkan minat baca anak. Kami juga mendatangi sekolah-sekolah, karena jarak sekolah dengan perpustakaan sangat jauh. Kami berharap koleksi buku untuk anak-anak bisa bertambah”, ujar Ariston.

 

Mendengar hal tersebut Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando mengapresiasi perhatian Pemerintah Kabupaten Nias Utara terhadap perkembangan literasi di daerah.

 

“Saya sependapat dengan adanya kekurangan buku tersebut. Kami siap membantu penambahan koleksi buku untuk masyarakat Nias Utara”, ungkap Syarif Bando.

 

Syarif Bando juga berharap pemerintah daerah ikut berperan dengan mengambil alih tugas mencerdaskan anak-anak bangsa, sehingga mampu mengenal dan mengembangkan potensi lokal yang ada di daerah.

 

“Saya berharap masyarakat, terutama anak-anak Nias Utara mampu bersaing dengan memaksimalkan potensi-potensi yang ada di daerahnya”, imbuh Syarif Bando.

 

Reporter: Gilang Arwin Saputri

Fotografer: Ahmad Kemal Nasution 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN