Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2023: Penerbit Berperan Dalam Penyediaan Koleksi Perpustakaan yang Berkualitas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta,- Penerbit buku berperan di posisi depan dalam penyediaan bahan koleksi perpustakaan yang berkualitas. Dukungan dari berbagai pihak diperlukan agar peran tersebut semakin kuat di masa depan.

 

Hal tersebut disampaikan Ketua IKAPI, Arys Ilman Nugraha dalam Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan Tahun 2023, Senin (6/3/2023).

 

Menurut Arys, penerbit komersial yang tergabung dalam IKAPI menjadi lebih adaptif dan transformatif pada era digital ini. Tanggung jawab penerbit adalah sesuai undang-undang adalah menerbitkan dan memproduksi buku yang bermutu, murah, dan merata. Namun tidak hanya itu, melalui penerbitan buku yang berkualitas dan menarik, diharapkan minat baca  masyarakat akan terbangun.

 

“Minat baca akan terbangun dengan buku yang menarik sehingga anak-anak akan membeli atau paling tidak akan pergi ke perpustakaan sehingga ekosistemnya terus terbangun,”jelasnya. Undang- Undang Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan mengamanatkan untuk membangun ekosistem perbukuan yang sehat untuk seluruh pelaku didalamnya.

 

“Ada 10 pelaku dalam ekosistem perbukuan. Ada penulis, editor, penerjemah, penyadur, desainer, ilustrator, toko buku, pengembang buku elektronik, penerbit, dan percetakan. Seluruhnya harus sehat dan hubungan diantara mereka juga harus baik,” imbuhnya.

 

Sayangnya, Undang- Undang Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan belum diadaptasi oleh pemerintah daerah sebagai turunan dalam bentuk peraturan daerah yang mengatur tanggung jawab dan kewenangan Pemerintah Daerah dalam penerbitan.

 

IKAPI saat ini memiliki aggota tersebar di 28 provinsi. Arys menyebut kebutuhan masyarakat akan buku lokal di era digital tidak akan bisa hanya mengadalkan perpustakaan yang ada di kota besar seperti Jakarta namun harus didukung dengan menumbuhkan penerbit di daerah untuk memasok konten lokal.

 

Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2023 mengusung tema “Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Kesejahteraan, Solusi Cerdas Pemulihan Ekonomi Masyarakat Pasca Pandemi COVID-19”.

 

Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2023 akan diselenggarakan secara hibrida pada 6-7 Maret 2023 di Pullman Hotel Jakarta Central Park Podomoro City.

 

Reporter: Eka Purniawati

Fotografer: Andri Tri Kurnia

 

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN