Strategi Pembinaan dan Pengembangan Perpusnas untuk Kecakapan Literasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta – Kecakapan literasi menjadi tolak ukur kemajuan suatu bangsa.

Demikian disampaikan Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Upriyadi, saat menjadi pimpinan apel pagi pada hari Senin (14/10/2024) yang dilaksanakan secara daring.

“Kecakapan literasi dalam dunia global menjadi tolak ukur kemajuan suatu bangsa dalam perkembangan dunia global, literasi berperan sangat besar terhadap peningkatan aktivitas manusia dalam menggunakan sumber daya guna mewujudkan kehidupan yang berkualitas,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Upriyadi menyebutkan sebagai bentuk dukungan dalam peningkatan literasi Perpusnas telah menyediakan koleksi baik tercetak maupun terekam yang mencakup subjek atau bidang ilmu pengetahuan.

“Untuk memudahkan pembaca di era yang semakin modern dalam mengakses informasi, Perpusnas meluncurkan koleksi digital seperti iPusnas, e-Resources, BintangPusnas Edu, Indonesia onesearch/IOS, dan Khastara,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Upriyadi menambahkan bahwa salah satu tugas pembinaan yang diemban oleh Perpusnas adalah melakukan pembinaan perpustakaan sekolah/madrasah dan perguruan tinggi.

Upriyadi mengatakan Perpusnas melalui Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perpustakaan Perguruan Tinggi (P3SMPT) telah menyusun strategi pembinaan dan pengembangan perpustakaan melalui berbagai kebijakan dan kegiatan antara lain penyusunan dan penetapan regulasi; sosialisasi dan implementasi regulasi; bimbingan teknis atau supervise; advokasi, provokasi, edukasi, dan apresiasi terhadap pengelola dan penyelenggara perpustakaan sekolah/madrasah dan perguruan tinggi.

Reporter: Aditya Irfan

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jumlah pengunjung