Upaya Peningkatan Literasi, Perlu Dukungan Pemda

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando didampingi Sekretaris Utama, Ofy Sofiana menerima kunjungan kerja sejumlah kepala daerah.

Diantaranya, Bupati tanah Bumbu, Bupati Belitung, Pj Bupati Boalemo, Bupati Lebong, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Malang, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batu Bara, dan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cilegon.

Kepala Perpusnas mengapresiasi kunjungan para kepala daerah ke Gedung layanan Perpustakaan yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Menurutnya, kunjungan ini merupakan salah satu bentuk komitmen dalam mencerdaskan anak bangsa.

"Dalam Pembukaan UUD 19445 mengamanatkan bahwa salah satu tujuan negara adalah mencerdaskan anak bangsa. Semua unsur dari eksekutif, legislatif, yudikatif dan TNI/POLRI memiliki tugas yang sama untuk mewujudkan itu," ungkapnya, Senin (20/2/2023).

Kepala Perpusnas menyampaikan, literasi merupakan kedalaman pengetahuan seseorang yang dapat diimplementasikan terhadap barang dan jasa.

"Semua kepala harus punya literasi, karena literasi punya semua orang. Literasi tidak akan ada jika tidak membaca," lanjutnya.

Dikatakan, dalam peningkatan literasi ini perlu dukungan dari pemerintah daerah. Misalnya, bagaimana perpustakaan sebagai trigger untuk menumbuhkan UMKM.

"Paradigma perpustakaan telah berubah. Perpustakaan tidak hanya tempat tumpukan buku saja, tetapi peran perpustakaan lebih banyak untuk transfer pengetahuan," katanya.

Senada, Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar mengakui bahwa perpustakaan memiliki peran penting dalam membangun kualitas SDM.

Sebagai bentuk dukungan terhadap perpustakaan, Bupati Tanah Bumbu menjelaskan, pihaknya memiliki program membangun ruang baca di setiap desa.

"Di Kabupaten Tanah Bumbu telah dibangun perpustakaan, kami lanjutkan untuk membangun ruang baca di tiap desa. Ada 171 desa di Tanah Bumbu," jelasnya.

Sementara itu, pembangunan gedung fasilitas layanan perpustakaan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) masih menjadi dambaan bagi sejumlah pemerintah daerah.

Seperti halnya di Kabupaten Boalemo, Pj Kabupaten Boalemo Hendriawan, menyampaikan keinginannya untuk membangun gedung perpustakaan. Dengan keterbatasan APBD yang ada, pihaknya akan mengharapkan bantuan DAK untuk pembangunan gedung perpustakaan.

"Kami telah menyiapkan sarana prasarana. APBD yang terbatas, maka kami mohon dukungan dari pusat untuk membantu meningkatkan pendidikan, terutama minat baca untuk masyarakat," katanya.

Bupati Lebong, Kopli Ansori menuturkan, untuk meningkatkan minat masyarakat mengunjungi perpustakaan pihaknya berencana membangun perpustakaan.

"Kami berencana membangun perpustakaan di dekat gedung yang diminati masyarakat. Konsepnya bagaimana terfokus pada pusat-pusat layanan publik," tuturnya.

Bupati Belitung, Sahani Saleh menyampaikan apresiasinya pada Perpusnas karena telah mendukung perpustakaan di Kabupaten Belitung. "Kami berharap untuk lebih dapat dukungan lagi dalam pengembangan perpustakaan di Belitung," harapnya.

 

Reporter: Wara Merdeka

Fotografer: Aji

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN