Bimtek Pengembangan Perpustakaan PT, Upaya Tingkatkan Peran Perpustakaan dalam Pendidikan

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta,  Sebagai upaya dalam meningkatkan peran perpustakaan dalam pendidikan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) melalui Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi (PSMPT) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari, 6-8 Maret 2024 ini diikuti sebanyak 100 perpustakaan perguruan tinggi yang berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adin Bondar menyampaikan perubahan peradaban dan revolusi teknologi membutuhkan perubahan yang signifikan dalam konsep perpustakaan perguruan tinggi.

"Pustakawan bukan hanya menjalankan rutinitas, tetapi juga harus membawa dampak positif dan memiliki kecakapan literasi yang kuat," ungkapnya, saat membuka Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi, Rabu (6/3/2024).

Dalam konteks pembangunan nasional, lanjutnya, perpustakaan memiliki dampak sosial ekonomi yang signifikan, dan literasi menjadi kunci utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Perpusnas tengah melakukan perbaikan dan penataan ulang Standar Nasional Perpustakaan (SNP) untuk memastikan perpustakaan perguruan tinggi memenuhi standar yang ditetapkan," lanjutnya.

Selain itu, dia menjelaskan peran perpustakaan di perguruan tinggi tidak hanya sebagai repositori, melainkan juga sebagai penggerak pengetahuan yang dapat berkontribusi dalam analisis bibliometrik untuk mendukung reputasi universitas.

"Perpusnas menyediakan akses literatur digital seperti e-resources, Indonesia One Search (IOS) dan BintangPusnas Edu untuk memastikan akses pengetahuan yang mudah diakses dari berbagai perangkat," jelasnya.

Deputi Adin menekankan perpustakaan perlu bertransformasi dalam mendukung konsep "Merdeka Belajar". Transformasi ini mencakup adaptasi perpustakaan perguruan tinggi untuk memenuhi kebutuhan civitas akademika dengan baik.

"Perpustakaan berperan sebagai belajar masyarakat dan civitas akademik. Transformasi perpustakaan diharapkan dapat mendukung konsep Merdeka Belajar, sementara pustakawan diharapkan dapat memetakan tren penelitian," jelasnya.

 

Reporter: Wara Merdeka

Dokumentasi: Prakas Agrestian

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN