Kabupaten Boalemo Butuh Gedung Perpustakaan Representatif

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Adin Bondar beserta jajaran menerima kunjungan dari Pj. Bupati Boalemo beserta jajaran di Ruang Rapat Pimpinan Lantai 5, Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas), Jumat (26/01/2024).

 

Pj. Bupati Boalemo, Sherman Moridu menyampaikan bahwa masyarakat di Kabupaten Boalemo sangat antusias terhadap perkembangan literasi. Masyarakat menyambut baik upaya pemerintah Kabupaten Boalemo dalam menyediakan akses bacaan di desa-desa melalui pojok baca di setiap kecamatan maupun perpustakaan desa, hingga museum pintar.

 

“Perpustakaan bagi kami adalah mandatori. Melihat masyarakat yang begitu antusias, kami merasa perlu menyediakan ruang atau fasilitas yang lebih layak serta representatif,” ungkap Sherman.

 

Mendengar hal tersebut, Deputi Adin menyambut baik upaya pemerintah daerah Boalemo yang telah menindaklanjuti mandatori Undang-undang Dasar 1945 bahwa perpustakaan adalah urusan wajib, sebagai sarana mencerdaskan bangsa.

 

“Kehadiran perpustakaan menjadi ruang terbuka, ruang belajar untuk masyarakat adalah program yang kami upayakan untuk masyarakat melalui program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), yang bisa direplikasi dan diekspansi oleh teman-teman di daerah,” ujar Deputi Adin.

 

Deputi Adin juga menyampaikan bahwa pemerintah pusat menyalurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan untuk menjawab kebutuhan penyediaan fasilitas perpustakaan di daerah.

 

Namun, sejak tahun 2023 mekanisme penyaluran DAK telah berubah menyesuaikan berlakunya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah. Penyaluran DAK Fisik saat ini bersifat penugasan, dengan menentukan lokasi prioritas (lokpri) yang nantinya akan dievaluasi oleh Perpusnas bersama Bappenas dan Kemenkeu.

 

“Kehadiran perpustakaan yang representatif di daerah tentunya sangat kami dukung. Namun saat ini karena ada penetapan lokpri, kami harus lebih selektif. Semoga kabupaten Boalemo bisa termasuk dalam lokpri tersebut,” imbuh Deputi Adin.

 

Pada kesempatan yang sama, hadir pula Asisten Administrasi Sekda Kota Baubau, La Ode Darussalam bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Baubau, Ibnu Wahid.

 

La Ode menyampaikan maksud kunjungannya adalah untuk melaporkan progres pembangunan gedung perpustakaan di Kota Baubau yang telah 100 persen selesai dan menunggu untuk diresmikan. 

 

“Kami mewakili masyarakat Kota Baubau sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat yang turut mendukung pembangunan perpustakaan di daerah, khususnya Perpusnas. Kini masyarakat kami dapat menerima manfaat dari hadirnya gedung tersebut,” ungkapnya.

 

Pemerintah Kota Baubau mendapatkan bantuan dana DAK Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan sebesar 10 miliar pada tahun anggaran 2023.



Reporter: Gilang Arwin S

Dokumentasi: Aditya Irfan F 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN