Koordinasi Terkait DAK Fisik, Wali Kota Pontianak Kunjungi Perpusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta -- Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono bersama jajaran melakukan kunjungan kerja ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Kunjungan diterima langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adin Bondar, dengan didampingi Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Nani Suryani, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Nurcahyono dan Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Agus Sutoyo.

Edi Rusdi menyampaikan, kunjungan tersebut dilakukan untuk konsultasi sekaligus koordinasi terkait pengembangan perpustakaan. Seperti pembangunan gedung perpustakaan, pengadaan perabot, TIK dan bahan pustaka Tahun 2024 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan subbidang perpustakaan.

DAK adalah dana yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk digunakan dalam meningkatkan pelayanan publik dan pembangunan daerah.

Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berencana membangun gedung perpustakaan yang repersentatif. Kehadiran gedung tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi generasi yang akan datang.

"Untuk meningkatkan generasi yang gemar membaca dan literasi, sehingga kita perlu berkolaborasi. Kunjungan ini sekaligus meminta arahan dan bimbingan mengenai pengembangan perpustakaan di Pontianak. Diharapkan dapat memberikan dampak positif dan kemajuan bagi wilayah Pontianak," ungkapnya, Senin (16/1/2023).

Adin Bondar menjelaskan, jenis DAK Fisik saat ini yakni DAK fisik penugasan. Bantuan DAK diarahkan untuk mendukung pencapaian prioritas nasional yang menjadi kewenangan daerah dengan lingkup kegiatan spesifik dan lokasi prioritas tertentu.

"Maka perlu segera diajukan melalui aplikasi KRISNA, karena di bulan Januari ini akan ditentukan lokasi prioritas (lokpri)," jelasnya.

Deputi juga menyarankan agar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pontianak untuk terus berkoordinasi dengan Bappeda setempat.

Dalam kesempatan yang sama Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adin Bondar menyerahkan buku berjudul Impact Stories of Library Transformation Based on Social Inclusion kepada Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Buku tersebut berisi tentang kisah penerima program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

 

Reportase: Wara Merdeka

Fotografer: Ahmad Kemal

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN