Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Fungsional di Perpusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta - Plt. Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) E. Aminudin Azis melantik satu pejabat struktural dan lima pejabat fungsional.

Satu pejabat struktural yang dilantik, yakni Nurhadisaputra yang sebelumnya menjabat sebagai Pustakawan Ahli Madya dilantik sebagai Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya baca.

Sedangkan lima pejabat fungsional yang dilantik merupakan pejabat fungsional di lingkungan Perpusnas dan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, yakni Pustakawan Ahli Muda, Pustakawan Ahli Pertama, dan Pustakawan Penyelia.

Plt. Kepala Perpusnas menyampaikan tugas utama Perpustakaan Nasional adalah membantu pemerintah di dalam mewujudkan peningkatan kecakapan generasi masyarakat dan kegemaran membaca. Dua persoalan besar ini, karena data selalu menunjukkan bahwa tingkat literasi masyarakat dan kegemaran membaca selalu dikatakan kurang memuaskan.

“Tugas utama kita adalah membantu masyarakat bagaimana mereka bisa mengembangan meningkatkan kompetensi literasi,” ungkapnya.

Menurutnya, Pusat Perpustakaan dan Pengembangan Budaya memiliki peran yang sangat sentral, sehingga unit kerja tersebut harus memiliki fokus pada upaya untuk melakukan kajian yang sangat mendalam dan komprehensif.

Sehingga, lanjutnya,  dari kajian tersebut dapat memberikan data yang akurat, tepat dan sangat kredible untuk dijadikan dasar pengambilan kebijakan tentang program yang harus dikembangkan oleh Perpusnas.

“Saya berharap sangat besar, pusat ini menjadi ujung tombak dalam memberikan masukan terkait kebijakan Perpusnas,” lanjutnya.

Plt. Kepala Perpusnas menuturkan tantangan terbesar  untuk meningkatkan tingkat literasi dan minat baca masyarakat Indonesia, dapat dilakukan melalui pengembangan program-program inovatif yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan, tetapi juga tepat sasaran.

“Tantangan yang ada, kita hadapi dengan cara atau sudut pandang yang baru karena persoalan berubah, situasi lingkungan berubah maka kita tidak bisa melihat persoalan itu dengan sudut pandang dan cara-cara yang sama” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut dia juga menyampaikan harapannya agar program-program yang telah dirancang dapat terlaksana sesuai dengan harapan sehingga Perpusnas dapat bergerak maju untuk mencapai target yang telah diharapkan.

“Saya mengajak semua untuk menghadirkan program-program yang inovatif sehingga kita bisa bergerak maju untuk menuntaskan Renstra 2020-2024 yang sudah disepakati bersama. Saya berharap semua pegawai betul-betul bekerja dengan penuh semangat dan dengan penuh keikhlasan,” tutupnya.

 

Reporter: Wara/Vero

Dokumentasi: Andri TK

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN