Perpusnas Jawab Manajemen Pengembangan ASN dengan Perpusnas Corporate University

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta – Pengembangan Kompetensi ASN yang merupakan hak seorang ASN dalam PP No. 11 Tahun 2017, adalah kewajiban pada UU No. 20 Tahun 2023 Pasal 49.

Dalam hal ini Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Pusdiklat Perpusnas) menjawab manajemen pengembangan ASN dengan Perpusnas Corporate University (Corpu) atau Wiyata Kinarya Perpusnas.

Kepala Pusdiklat Perpusnas, Nurcahyono mengatakan Corpu atau Wiyata Kinarya Perpusnas diharapkan mampu menghadirkan pelatihan yang bersifat proaktif dalam memberikan kompetensi pegawai sesuai dengan tujuan dan fungsi Perpusnas, strategi yang terarah dan terukur, meningkatkan kinerja, serta saling terintegrasi dengan unit kerja lain.

“Untuk itu mohon dukungan kebijakan dan komitmen bersama dari seluruh unit kerja di Perpusnas karena Corpu atau Wiyata Kinarya Perpusnas dibangun melalui integrasi berbagai unit kerja yang ada di Perpusnas,” ucapnya pada kegiatan Apel Pagi, Senin (19/2/2024).

Lebih lanjut, Nurcahyono menambahkan bahwa Corpu atau Wiyata Kinarya Perpusnas akan dirancang secara bertahap selama tiga tahun, hingga akhirnya siap untuk diluncurkan pada 2026.

“Tahun ini akan dilaksanakan FGD tentang pentingnya Corpu atau Wiyata Kinarya Perpusnas dan menyusun naskah akademis rancang bangun Corpu atau Wiyata Kinarya Perpusnas. Tahun depan menyusun pedoman pengembangan Corpu atau Wiyata Kinarya Perpusnas dan pengembangan sarana prasarana. InsyaAllah tahun 2026 baru bisa diluncurkan,” jelasnya.

Selain itu, Nurcahyono juga menyampaikan guna mendukung budaya kerja Berakhlak, Pusdiklat Perpusnas membekali ASN PPPK tahun 2024 dengan beragam kompetensi seperti berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

“Program ini kami laksanakan sebelum mereka ditempatkan di unit kerja masing-masing, lalu akan dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas. Sehingga diharapkan ASN PPPK 2024 berbudaya kerja baik dan berkinerja tinggi dalam rangka mendukung tugas serta fungsi Perpusnas,” pungkasnya.

Reporter: Basma Sartika

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN