Perpusnas Percepat Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta – Kepala Pusat Data Dan Informasi (Pusdatin) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Taufiq Abdul Gani, menggarisbawahi pentingnya percepatan transformasi digital dan keterpaduan layanan digital di Perpusnas.

Demikian disampaikannya pada Apel pagi, Senin (5/2/2024). Menurutnya, transformasi digital dan keterpaduan layanan digital telah menjadi fokus utama Perpusnas. 

Hal tersebut terlihat dari kerjasama yang dilakukan dengan kementerian dan lembaga lainnya untuk melaksanakan amanat Perpres terkait sistem pemerintah berbasis elektronik dan satu data Indonesia.

"Kami telah melakukan transformasi digital dan keterpaduan layanan digital. Ini tercermin dari kerjasama yang erat dengan berbagai pihak, sejalan dengan amanat Perpres," ujarnya.

Kepala Pusdatin juga mengungkapkan rencana penajaman anggaran untuk mengoptimalkan layanan digital Perpusnas guna menangani permasalahan literasi dan perpustakaan di Indonesia.

 

"Kami telah mengidentifikasi kebutuhan akan penajaman anggaran untuk meningkatkan layanan digital Perpusnas guna mengatasi permasalahan literasi dan perpustakaan di tanah air," tambahnya.

Lebih lanjut, Perpusnas akan menjalankan tiga kegiatan utama berdasarkan usulan dari Pusat Data Dan Informasi. Kegiatan tersebut mencakup memadukan manajemen koleksi, memadukan manajemen pembinaan perpustakaan, dan memadukan tata kelola internal Perpustakaan Nasional.

"Pusat Data Dan Informasi juga akan meningkatkan kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memanfaatkan data dan buku elektronik yang dimiliki, dan kami akan melakukan diseminasi yang lebih luas," ungkap Gani.

Meskipun Perpusnas telah berhasil mencapai indeks Satu Data Indonesia dengan hasil yang memuaskan, dia juga menyoroti pentingnya meningkatkan kepuasan pengguna.

"Meningkatkan kepuasan pengguna merupakan fokus kami. Meskipun sulit diukur karena sifatnya yang subjektif, kami akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan digital kami dan memastikan layanan bebas dari masalah IT," tandasnya.

Perpusnas terus berkomitmen untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan digitalnya guna memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam mengakses informasi dan literasi yang berkualitas.

 

Reporter: Veronica

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN