Perpusnas Sambut Kunjungan Kepala Balai dan Kantor Bahasa Provinsi Seluruh Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) menerima kunjungan Kepala Balai/Kantor Bahasa Provinsi seluruh Indonesia pada Rabu (27/3/2024).

Kunjungan ini diikuti oleh 34 pejabat terdiri dari 4 Pimpinan Tinggi  Pratama dan 30 Kepala Balai/Kantor Bahasa Provinsi di lingkungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Kemendikbudristek), 

Dalam kunjungan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Perpusnas E Aminudin Aziz menyampaikan bahwa Perpusnas terbuka untuk kolaborasi.

Hal tersebut ditandai dengan diserahkannya kartu anggota perpustakaan Sakti kepada para peserta kunjungan. Hal ini bertujuan untuk mencapai tujuan promosi budaya baca, literasi, dan pengembangan bahasa di seluruh Indonesia. 

“Saya berharap kolaborasi ini tidak hanya di tingkat pusat tapi bisa juga dilakukan oleh Balai/Kantor Bahasa dengan perpustakaan di berbagai daerah,” terangnya. 

Kunjungan ini juga menjadi momen berharga bagi para peserta, salah satunya Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan, Ganjar Harimansyah.

Keduanya sepakat bahwa Perpusnas merupakan tolak ukur bagaimana mengelola perpustakaan daerah yang adaptif dan menarik untuk masyarakat. 

“Inilah martabat literasi Bangsa Indonesia, yang bisa dilihat dari Perpusnas sendiri. Ketika besar-besaran direhab, koleksinya ditambah. Saya ikut bangga karena cerminan literasi kita bisa dilihat dari Perpusnas,” tutur Ganjar.

Menurutnya, perpustakaan itu selalu punya daya tarik sendiri karena bisa melihat perjalanan bangsa atau daerah itu.

“Jadi saya senang melihat perkembangan Perpusnas sekarang. Semoga menjadi praktik baik bagi perpustakaan di daerah, baik dari sisi layanan maupun koleksinya hingga pengelolaannya. Pokoknya keren deh!” pungkas Ganjar. 

 

Reporter: Alditta Khoirun Nisa / Eka Purniawati

 

Dokumentasi: Andri / Aji Anwar 

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN