Pengembangan Diri Pegawai untuk Mencapai Kesuksesan dalam Kehidupan

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menggelar apel pagi rutin pada hari Senin, tanggal 12 Juni 2023 melalui kanal zoom. Apel pagi tersebut dipimpin oleh Teguh Purwanto  Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional (Pusdiklat Perpusnas).

 

Dalam apel pagi yang dihadiri oleh seluruh pegawai Perpusnas, Teguh Purwanto menyampaikan pentingnya pengembangan diri sebagai upaya untuk meningkatkan proses dimana  seleuruh pegawai dapat meningkatkan keterampilan dan potensi diri.

 

“Meningkatkan keterampilan pribadi, seperti keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan keterampilan interpersonal, dapat meningkatkan hubungan dengan orang lain menjadi lebih baik dalam mencapai kesuksesan dalam kehidupan pribadi dan professional,” menurutnya.

 

Sumber daya pengembangan diri dapat dapat digali melalui buku, seminar, kursus, bahkan mentoring. Penting untuk memilih sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan dan minat, serta sesuai dengan kemampuan setiap pribadi pegawai.

 

Dalam apel pagi Teguh Purwanto juga mengungkapkan, "Pengembangan diri bukan hanya tentang memperoleh keterampilan baru, tetapi juga tentang meningkatkan kemampuan kita untuk mengambil tindakan. Kita harus memiliki motivasi dan tekad yang kuat untuk terus belajar dan berkembang. Ini akan membantu kita untuk tetap fokus dan bertahan ketika menghadapi tantangan.” 

 

Terakhir dari pengembangan diri adalah proses yang berkelanjutan untuk terus belajar dan berkembang sepanjang hidup. agar dapat mencapai potensi diri guna mencapai kesuksesan dalam kehidupan. 

 

Selain pengembangan diri dan pengembangan Kinerja Pustakawan, Kepala Pusdiklat Perpusnas mengajak pustakawan untuk merubah mindset atau pola pikir dalam rangka mencapai target kinerja diri maupun target lembaga serta target nasional yang ditugaskan sesuai tupoksi masing-masing unit kerja.

at Perpusnas mengajak pustakawan untuk merubah mindset atau pola pikir dalam rangka mencapai target kinerja diri maupun target lembaga serta target nasional yang ditugaskan sesuai tupoksi masing-masing unit kerj

“Mari kita semua melanjutkan usaha kita dengan penuh semangat dan determinasi, mengingat bahwa perubahan sejati dimulai dari diri sendiri. Dengan merubah pola pikir atau mindset kita, tidak ada batas apa yang bisa kita capai,” pungkasnya.

 

Reporter: Arie Zani Purnomo

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN