Perpusnas Dukung Perpustakaan KASN Go Digital

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Kepala Sekretariat Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Abdul Hakim beserta jajaran melakukan audiensi terkait pengembangan pengelolaan perpustakaan di Lingkungan KASN ke Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2022).

Pada kesempatan itu, Abdul mengatakan KASN termasuk ke dalam kategori lembaga yang tergolong masih baru. Perpustakaan KASN terdaftar di bawah struktur kesekretariatan dan baru ada sejak tahun 2017. Dia berkisah bahwa perpustakaan KASN masih sangat konvensional, sehingga dibutuhkan perubahan dalam penataan yang lebih modern dan digital.

“Maksud kedatangan kami ke Perpusnas adalah untuk belajar banyak mengenai penataan dan pengembangan perpustakaan KASN, mengingat sistem kerja yang ada saat ini luar biasa serta serba digital. Dengan SDM terbatas kami tetap harus memberikan pelayanan yang baik,” ucapnya.

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando mengapresiasi keinginan yang diutarakan oleh Kepala Sekretariat KASN dan mengajaknya untuk segera melakukan MoU (Memorandum of Understanding) sebagai langkah awal dalam tahapan mengelola perpustakaan KASN. Selain itu Syarif Bando juga akan memprioritaskan pembuatan portal kolaborasi antara Perpusnas dan KASN. Kelak portal tersebut akan memuat fitur-fitur yang diperlukan dan terus di update oleh pustakawan KASN.

“Saat ini kita berada dalam era dengan ledakan informasi tapi siapa yang memilah dan mengumpulkannya menjadi beberapa subyek yang terfokus? Pustakawan tentunya. Pustakawan menjadi sebuah profesi karena tugasnya mengumpulkan dan mendiseminasi informasi,” jelas Syarif Bando.

Dewasa ini, paradigma perpustakaan juga telah berubah. Perpustakaan kini tidak lagi berfungsi sebagai gudang buku, melainkan transfer of knowledge. Transfer of knowledge dibutuhkan untuk membangun kecerdasan masyarakat. Sementara, kecerdasan hanya dapat diperoleh dengan membaca.

“Belum ada transfer teori dari buku ke otak manusia tanpa membaca. Sehingga, untuk jadi manusia berilmu harus rajin membaca,” tambahnya.

Audiensi ini juga dilanjutkan dengan pemberian informasi mengenai layanan digital yang dimiliki Perpusnas oleh Plt. Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Perpusnas, Yuliatry Bunga. Adapun beberapa layanan digital yang dijelaskan Bunga meliputi layanan ISBN, OPAC, Indone OneSearch (IOS), Keanggotaan Online, iPusnas, e-Resources, Khastara, Ask Librarian, dan kunjungan virtual.

Reporter: Basma Sartika

Fotografer: Aji Anwar

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN