Gedung Perpustakaan Kabupaten Dairi Siap Diresmikan Tahun ini

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta - Pembangunan gedung perpustakaan Kabupaten Dairi telah mencapai tahap akhir. Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan, gedung layanan perpustakaan tersebut siap diresmikan di tahun 2023.

Demikian disampaikan dalam kunjungan kerjanya ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI yang diterima langsung oleh Deputi Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Adin Bondar, Jumat (3/2/2023).

Gedung layanan yang dibangun ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan subbidang perpustakaan tahun anggaran 2022 senilai Rp 10 miliar.

"Gedung perpustakaan yang baru ini dibangun di Taman Rekreasi Sidikalang, lokasi yang strategis menjadikan gedung ini nantinya sebagai pusat kegiatan masyarakat," kata Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati, di samping gedung perpustakaan terdapat Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). Sehingga masyarakat yang telah mendapatkan ilmu pengetahuan di perpustakaan dapat dipraktekkan di PLUT. 

"Maka dari itu, kami pun ingin mengajukan program transformasi berbasis inklusi sosial dapat diterapkan di tempat kami. Kami ingin ada gagasan untuk membuat perpustakaan dan program tersebut di dalam kapal. Mengingat Kabupaten Dairi memiliki danau Toba yang dapat menjadi potensi pariwisata," jelasnya.

Lebih lanjut, Bupati Eddy menyampaikan, gagasan terkait Pusat Kajian Ulos telah ditindaklanjuti dari Perpusnas ke sejumlah kementerian terkait.

Menanggapi hal tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Adin Bondar mengatakan, program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) sangat berdampak dalam peningkatan kesejahteraan dengan berbasis konten literasi terapan. 

Dikatakan, program ini telah dikembangkan di sebanyak 3.000an desa. Ini menajdi investasi yang dapat dilakukan perpustakaan. Perpustakaan menjadi inkubator entrepreneur. Di perpustakaan semua ilmu pengetahuan tersedia, dan diperlukan diseminasi dari ilmu tersebut.

"Inilah paradigma baru di perpustakaan yang menyatakan bahwa peran perpustakaan adalah transfer pengetahuan. Kami mohon juga kiranya kebijakan perpustakaan dapat didukung oleh Pemda," ungkap Deputi.

 

 

Reportase: Wara Merdeka

Fotografer: Ahmad Kemal

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN