Perpusnas Gelar Rapat Persiapan Evaluasi Reformasi Birokrasi 2022

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia mendorong Instansi pemerintah untuk selalu melaksanakan reformasi birokrasi. Reformasi Birokrasi dapat diartikan sebagai upaya pemerintah melakukan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan permerintah yamg bertujuan menciptakan good governance atau tata kelola pemerintahan yang baik.

Perpustakaan Nasional sendiri berkomitmen untuk melaksanakan reformasi birokrasi. Hal ini terlihat pada perkembangan capian indeks RB Perpusnas pada tahun 2020 yang mendapatkan nilai 74.01 dan pada tahun 2021 yang mencapai nilai 76.92 dengan predikat BB atau sangat baik. Pada tahun 2022 sendiri pelaksanaan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) di perpusnas akan dilakukan pada tanggal 16 september 2022. Bertempat di Ruang Teater Gedung Perpustakaan Nasional Salemba diselenggarakan rapat koordinasi persiapan evaluasi reformasi birokrasi 2022 (06/09/2022) yang dihadiri oleh Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional, Ofy Sofiana.

“Tanggung jawab reformasi birokrasi bukan hanya tanggung jawab yang ada di ruangan ini melainkan tanggung jawab seluruh pegawai perpustakaan nasional.” imbuh Ofy.

Perpunas akan menindak lanjuti 9 rekomendasi dari kemenpan RB pada evaluasi yang dilakukan pada tahun sebelumnya. Lebih lanjut dijelaskan bahwa pada tahun ini akan ada aspek penilaian baru terkait evaluasi RB yaitu pemaparan isu-isu strategis di unit-unit teknis di perpustakaan nasional yang akan dibawakan oleh ketua tim reformasi birokrasi di setiap masing-masing unit esselon 1 di Perpustakaan Nasional dan

“Diharapkan penilaian tahun 2022 ini nilai RB perpusnas akan sama atau lebih dari penilaian mandiri yang telah kita lakukan sebelumnya di tahun ini.” tambah Ofy.

 

Reportase: Fauzan Abdi

Fotografer: Ahmad Kemal Nasution

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN