Sukaria Bersama Perayaan Dua Dekade UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

“Bulan Juni merupakan bulan yang spesial, karena Bulan Juni disebut juga sebagai Bulan Bung Karno.”

Berikut disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Nurny Syam pada kegiatan Apel Pagi, Senin (24/06/2024).

Nurny mengemukakan pada tanggal 1 Juni bangsa Indonesia merayakan Hari Lahirnya Pancasila, sebuah dasar negara yang butirnya lahir dari pemikiran Bung Karno Ketika beliau diasingkan di Ende. Yang sebenarnya telah dipikirkan oleh Bung Karno sejak tahun 1918, atau 25 tahun sebelum merdeka.

Nurny menambahkan bahwa pada tanggal 6 Juni adalah hari lahirnya Bung Karno, yang memiliki masa kecil Bernama Kusno yang sakit-sakitan sehingga orang tuanya mengganti namanya menjadi Sukarno. Lalu pada tanggal 21 Juni, bangsa Indonesia juga dikenang sebagai Hari Wafatnya Sukarno.

Nurny menjelaskan bahwa jika Bulan Juni adalah Bulan Bung Karno, maka Bulan Juli adalah bulannya UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno (UPT Bung Karno). Tepat tanggal 3 Juli Perpustakaan Bung Karno akan genap berusia 20 tahun.

“Dalam perayaannya UPT Bung Karno akan menggagas kegiatan Perpustakaan Bung Karno Expo dengan tema “Sukaria Bersama” pada 3-7 Juli 2024. Tema tersebut diambil dari lagu ciptaan Bung Karno dalam album Mari Bersuka Ria dengan Irama Lenso. Sukaria Bersama adalah semangat perayaan dua dekadi hadirnya UPT Bung Karno di tengah masyarakat” ucap Nurny

Rangkaian yang akan dilakukan pada pelaksanaan Sukaria Bersama diawali tanggal 3 Juli, dengan kegiatan Bedah Buku Bung Karno, peragaan busana, dan bincang buku Bersama Arda Naff. Pada tanggal 4 Juli, akan dilaksanakan Sarasehan Batik dan Malam Musik Bersama UKM Musik UNISBA. Kemudian tanggal 5 Juli akan diawali dengan Seminar Ekonomi Kreatif dan Pariwisata oleh Women Tourism dan Bincang Kehidupan Bersama Ning Imaz, Khodimah Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.

Dilanjutkan pada hari keempat tanggal 6 Juli akan diadakan lomba mewarnai dan menggambar Bung Karno tingkat sekolah dasar, pelatihan wastra, dan ditutup dengan Festival Band Pelajar Blitar Raya. Hari terakhir tanggal 7 Juli, diselenggarakan Senam Sukaria yang dibarengi dengan doorprize.

Reporter : Andri Tri Kurnia

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Jumlah pengunjung